Dulu, waktu jaman "batu", pesen orang tua apanan sekolah yang tinggiiii...jadi
tukang insinyur ... kerja di perusahaan besar...dapat gaji besar...dapet
pensiun...lalu modar !

"pesen" itu udah kadaluwarsa.

Saya sekarang nyekolahin anak di sekolah yang menganalisa kemampuan unik sang
anak. Yang emang nddak minat sama ilmu pasti ya nggak usah dibilang "bodoh".
Apan bukti nya inul daratista bisa jadi "manusia" dari dunia seni... itu
chrisye... anang... agnes monica... apan nddak perlu pinter kalkulus...nddak
usah belajar logic gate segala macem. cukup nyanyi. bikin orang hepi.

Apanan itu para pemain sepakbola, banyak yang punya gaji lebih tinggi dari
president bahkan lebih tinggi dari gaji CEO perusahaan multi nasional ..punya
pesawat pribadi, itu istrinya untuk urusan ngecat kuku aja apanan bisa terbang
pakai jet pribadi dari negara anu ke negara anu ...

kita sekarang apanan sudah menjurus ke "Peersonal Branding" ...

Sok .. lihat di sini "merk" Item...uplik..Nub...Susan ... dengan "merk"
habe..teddy..Johny... apan "beda kelas" . yang satu mencerminkan SES "E" dan
yang lain mencerminkan SES "A" . Nghomongnya beda. mikirnya beda. mainannya
beda. olah raga nya beda. kehidupan sehari harinya juga beda. ( yang satu ribut
dapet 'konpensasi bisa main futsal di jam kerja ... yang lain apanan dengan
asyik berhari hari nddak ngantor hanya untuk duduk duduk di kolam renang sambil
nge prol ... beda jelas. jelas beda.

kita adalah apa yang kita tulis.
your word is yorur world.

Apan kita lagi ngomongin marketing ya ?

iklan itu bukan marketing, sales itu buklanmarketing. itu cumka bagian dari
marketing. Jadi ... kalau ada manusia manusia dungu yang jualan yesus kristus
di sini seperti dagang tahu atawa gorengan asongan di bis antar kota antar
provinsi, jelas itu pekerjaan orang : tolol.

ngomong marketing agak samar deh ... geser dikit ke ngomongin cara nyari duit
aja deh ... ( marketing apan biar omzet naik .. ujung ujungnya apan duit ya ...
)

saya orang komputer. pernah jualan komputer. pernah hidup dari komputer. pernah
kebeli rumah dan beberapa biji mobil dari komputer, pernah kerja dalam bidang
komputer, namun ... masa itu apan sudah berlalu ... tahun 90 an iya bener.
sekarangmah apan sudah 2013 ... koplok kalau masih mau jualan printer harga
jutaan cuma buat ngambil untuk goban. edan kalau masih mau ngerakit komputer
seharga jutaan cuma buat ngambil untuk cepek. Edan kalau masih bikin program
ini itu yang cuma dijual seharga gopek ceng ...

mulanya orang korea sama orang china ...

saat jepang dan amrik getol getol nya membangun dan memelihara "Brand", orang
korea sama china masuk ke pasaran elektronika dengan ngejungkir balikan
kebiasaan lama : Tanpa merk !

Mulai dari merk VCD player deh ... apan dulumah kita beli merk, sekarangmah
apan "apa ajah" ! Bahkan AC "Panasonic" .. apan dalemannya bukan japanes lagi

dalam dunia yang saya geluti ... instrument ... maka produk china dan india
menyerbu dengan sangat dahsyat ke pasaran ... membuat merk merk mapan oleng.
dan .. pada akhirnya, "merk merk dunia" kini malah buka pabrikan di china. merk
nya tetep merk "global", namun dibuat oleh dan di China !

Hermawan kertajaya apan udah bilang ini kita masuk ke suasana marketing atawea
pemasaran yang kacau beliau .. serba penuh kejutan...nddak menentu ...

Hermawan pernah membawa "Sampoerna Mild" tiba tiba muncul dan ngegarap blue
ocean area di bidang rokok "Mild", Mio masuk di Blue Ocean "Motor matic -
terdepan, duluan !" ... terus muncul eta "White Coffe" yang juga dengan kreatif
menciptakan blue ocean ... dan ... kemudian semua pabrik kopi apan sekarang
bikin white coffe ... semua pabrik rokok bikin 'mild" ... dan ... pabrikan
motor semuanya bikin "Automatic Scooter" ..

Sok .. arek kumaha coba lamun urang tetep tolol nddak bisa membaca gerakan
jaman ...

di Bojonegoro - cilegon banten, itu industri apanan dari mulai masuk cilegon
timur sampai merak berjejer pabrik. namun saat bubaran pabrik...jangan harap
ada ribuan orang karyawan yang keluar pabrik. jumlah karyawan sangat sedikit
..karena pabrik pabrik di sini sudah memakai tekhnologi OTOMATISASI ... beda
dengan area cikupa dan sekitarnya ... pabrik garmen atawa seoatu yang kalau
bubar ... ribuan buruh pabrik keluar ... dan sering mereka demo massal ..nuntut
ini nuntut itu ... beda dengan mesin. meskipun mau lebaran apan mesin mah nddak
minta THR an ...

ih, apan kita lagi ngomong marketing ya ?

awalnya saya iseng jualan satu alat mainan, impor sebagian dari amrik dan
sebagian part nya dari china. eh ... laku !

Cuma apanan pusing, begitu laku, barang abis. proses impor 2 sampai 4 minggu.
belum kalau ada masalah di tanjung priok. walah ... pusing !

pangkas jalur distriubusi !

Saya kemaren apan main ke tasikmalaya, brenti di toko pancing, saya lihat jala
buat ikan ..bahannya bagus...saya coba bikin tiruan produk china dengan bahan
asal tasikmalaya, hasiolnya ? Kereeeennnn ! lebih kuat. lebih bagus. dan bisa
saya jual dengan harga lebih cantik. Buatan china 1.5 juta per unit, saya jual
"made in tasik" 750 rebu per unit. Modal nya ? semeter jala cuma 4.500 perak.
untuk 1 unit abis 10 meter. tambah sleting tambah biaya jahit nddak nyampe 150.
saya jual 750,000 untuk lokal. dan sekarang saya lagi jajakin buat ekspor !
tuman siah ... piraku ngimpor wae ... hajar eta tah produk china ku produk
tasik siahku urang mah ! hahaha !

Saya mikir lagi ... ini galvanis buatan china memang murah pisaaan... susah
banget saya ngelawan harga nya, tapi saya nddak kehabisan akal ... saya
sekarang beli galvanis batangan ... minta tolong sama si mang kasan tukang elas
buat meniru produk china. eh ... bisaeun ! hasilna alus ! pokoknya tanpa harus
banyak mikir die bisa bikin itu produk. horeee ! cost turun tah ...

bagian "Safety pad" ... di e bay jual 1.5 juta, buatan china apanan 750 rebu ..
saya main ke cigondewah ..cari parasut..cari foam ... biaya produksi ternyata
apan cuma 150 rebu ! Hajar !

dari unit lengkap saya masih tergantung 2 matrial lagi ke amerika. ini bahannya
emang rada susah. masih kudu impor ti amerika. ada buatan australi tapi keras.
kurang bagus. tapi apanan beres lebaran, 80% ini barang sudah "made in
indonesia" ... hahahahaha !

saya cerita ke temen saya yang gerak di akustik. die juga sama . melakukan hal
yang sama. malah sudah duluan.

modal cepek ceng , jual 1.5 juta. edaaaannnn !

saya tanya, kenapa orang mau beli ?

lho ... produk amerika 1 dus 2.5 juta ... saya jual 1.5 juta ... tapi apanan
saya sakola di amerika... hirup di amerika...gaul jeung urang amerika...dan
mereka tahu kemampuan saya ...mereka tahu kualitas produk saya ... ya mereka
mau dong beli kualitas bagus dengan harga lebih murah ... :-)

Ini teh lagi ngomong marketing ya ?

sok atuh ... setiap nama di milis ini apanan adalah 'merk" ...

orang itu apanan tetep beli "merk" ( meskipun sudah geser ke personal branding )

maksutna ... meskipun yang dijual itu Ferrari ... apanan lamun anu ngajualnya
"personal" sekelas si Nub mah eta barang bakal susah laku ... hese atuh jelema
tolol jualan barang bagus... kecuali jualan barang abal abal ka jelema koplok.

sok ... eta merk "uplik" kira kira citrana kumaha ... itu nama kira kira lamun
dijual bisa laku sabaraha ? nama itu kalau menjual sesuatu kira kira bakal laku
moal ?

Sok lihat merk "item abu" ... itu punya nilai nggak ? kalau si item abu jualan
kira kira orang percaya nddak ? jangankan jualan yesus kristus yang
konsekwensinya dunia akhirat ... diamah apan jualan goreng pisang di pinggir
jalan aja belum tentu ada orang yang mau beli. lha, orangnya emang nyebelin kok.

heup !