Saat 1 tahun lalu saya gabung dengan sebuah perseroan terbatas, apan saya teh
nanya "Ini teh yang mau dibesarin perusahaannya atau merk produk ?" mereka
bengong. bingung.

Lha iya .. kita punya Nikon, garmin ( jam tangannya dipakai sama si uplik ),
dan berbagai merk global ... namun kumaha coba lamun tiba tiba kerjasamanya di
terminated ? Sok ... mau jualan apa coba ?

Saya kagum sama intel. Apanan dulu iklan nya jelas, sangat jelas "Apapun PC
anda ...pastikan ada prosesor intel di dalam nya !" kereeennn ! orang jadinya
nyari "pentium", bukan nyari acer...hp...atawa Nec... orang cari "Pentium" ...
dan nddak peduli dengan apa merk PC nya. Intel jadinya yang nge "drive" merk
merk PC. bukan sebaliknya.

akhirnya ... ini PT punya nyali untuk MENGHAPUS semua merk global di kartu nama
dan hanya muncul satu logo, logo PT. Biarkan customer mengingat nama PT nya,
bukan apa yang dijual oleh PT ini. setting goal nya ? "Apapun yang dijual oleh
perusahaan ini, pasti bagus ! Apapun merk nya. "

Dalam satu tahun pertama, ( kalau si nub nanya kapan ? Saya jawab 2012 sd 2013
) saya nebeng pakai nama besar "Nikon" ...dan abis lebaran ini ... saya tidak
hanya lepas dari PT  , namun saya sudah naik pakai brand sendiri untuk ceruk
pasar yang unik. bahasa kerennya .. mulai berlayar di blue ocean area ...
istilah bahasa "polytron' nya " Tiada tanding ...tiada banding ", istilah pak
Hermawan Kertajaya mah ... "More important to difference than the best" ...
istilah IBM mah ( dulu) ...we are different ... istilah sony mah " It's Sony !"

Bidang usaha ini beda dengan "mainan". ini saya kerjakan cukup pakai beberapa
web site dengan dukungan 1 sd 2 orang tenaga admin dan beberapa orang kurir.
kunci nya ? Fast Response ..akurasi...presisi...trace able...low cost ...dan
tetep ISO 9001 accepted. Semua ini bisa saya lakukan sambil nge prol ...
udud...ngopi .... bahkan sambil bobo bobo an di atas kasur. yang penting
internet nyambung terus, pulsa hape isi penuh. hehehe

sok wae mau terus terusan debat kusir masalah surga .;..neraka...tuhan ini
tuhan itu ...kitap suci ini kitap suci itu ... da ari ceuk saya mah namana
agama mah apan pengalaman batin nya ...

heup !