Bukan nggak cocok, tapi ngapain terpaku pada subyek manusia.
Apalagi cuma hubungan antar 2 orang thok :)

Kemarin udah bagus, udah kepleset ke soal keyakinan & waktu..
Artinya, udah bicara abstraksi dari sekedar anak perempuan - anak
laki. Udah bicara soal lintas ruang & jaman, kalo males bilang
'abadi'.

Okelah, ketimbang cuma petromak mending dibuka aja sekalian
jendelanya ya biar keliatan sama matahari. Nggak ada yang lebih
enak terangnya dari sinar matahari. Betul? Bener... :)

Pertama-tama tengkyu nih buat yang udah nebak maupun yang udah diem
tapi ikut mikir tapi takut pikirannya nggak benar, hehe...
Padahal, sesalah apa pun pendapat masih lebih cakep daripada nggak
punya pendapat, gitu kata nenek tetangga doeloe.

Jadi gini, keliatannya nggak ada masalah ya dengan definisi
"kebenaran adalah: sesuatu yang tertinggal ketika yang lain runtuh".

Ya udah, sampe di situ sebenarnya persoalan sudah selesai.
Habis perkara. Tinggal cari contoh-contohnya aja.

Ada banyak contoh. Cuma yang cukup gampang dikunyah, kemarin saya
ambil contoh tentang teori; teori 'A' yang runtuh oleh teori 'B' dst.

Tentu, ada parameter, hitung-hitungan & alasan ilmiah yang cukup
ruwet untuk dibahas di sini dalam penetapan teori 'B' menjadi
kebenaran dengan runtuhnya teori 'A' (yang sebetulnya juga mengandung
kebenaran).

Kita nggak perlu bahas parameter ilmiah itu karena kita bukan lagi
membahas teori per teori. tapi lagi membahas 'kebenaran'nya.
Kebenaran yang tertinggal / tetap ada / bertahan sekalipun dalam
bentuk teori 'B'.

Nah, sebagai makhluk Mars yang dikatain makhluk simpel, memang
merasa belum puas dengan definisi versi panjang ("sesuatu yang
tertinggal ketika yang lain runtuh"). Jadi, coba saya peres lagi
dengan fokus ke penyebab bertahannya si kebenaran.

Pikir punya pikir, nah ini, dari kasus anak perempuan itu
datanglah si ilham memeras definisi - tolong dicatat bahwa para
Venus (atau Mars, bagi yang Venus) dalam hal ini posisinya sebagai
pembawa ilham. Bukan sebagai subyek dari definisi versi ringkas.
Ilhamnya, kenapa anak perempuan yang satu ini bertahan sementara
yang lain nyeleweng.. eh, rontok... :)

Tolong lupain dulu argumen berdalil dapur secure.. "abis si Mars
cuma punya anglo padahal Venusnya perlu 3 biji dapur..." :p
Itu faktor, tapi oh tetapi itu bukan satu-satunya faktor. Karena
banyak hal yang tidak terselesaikan cuma dengan bunga (bank :)

Nah, kena apa Venus (juga Mars bagi yang Venus) bisa bertahan?

Rupanya oh rupanya, ada faktor-faktor pada Venus (juga Mars)
yang membuatnya sanggup mengimbangi berbagai situasi maupun keadaan
yang menghampiri, sampai akhirnya si Venus (juga Mars) tinggal
sendirian. Bertahan dalam hidup si Mars (juga si Venus).

Dapet kan? Kata kuncinya di sini: imbang, keseimbangan.

Setelah dapet, liat-liat contoh lainnya. Ternyata sama. Hal-hal
yang mengandung keseimbangan nggak gampang terguling, jatuh, untuh...
Anak-anak bisa naik sepeda atau orang naik motor karena mereka bisa
menjaga keseimbangan. Dan memang begitulah naik sepeda atau naik
motor yang benar, nggak jatuh..

Begitu juga beruang sirkus yang naik sepeda roda satu.. Atau
peselancar... Atau pesawat.. kapal.. kursi goyang.. dinding..
hingga orbit bumi yang tidak berpotongan / bertabrakan dengan
orbit bulan dan planet lain.. bahkan antar-galaksi (dan barangkali
antar-jagatraya) dsb, dst..

Semua. Semua hal akan bertahan dengan benar secara alami jika dia
mengandung keseimbangan. Tanpa keseimbangan, orbit bumi akan ngaco,
matahari bakal redup, si beruang terjerembab, bahkan jiwa pasti
tergoncang melulu... Apa pun yang seimbang, sulit untuk dibilang
salah..

Gitu saderek sadayana..

Jadi... kesimpulan saya, kebenaran adalah... keseimbangan.

Keseimbangan jelas ada di seantero jagat.

Karena itu, dengan sendirinya, kebenaran juga ada.