Awalnya hanya niat Jalan aja, trus mampir ke studio XXI, ada Film Elysium -
Jodie Foster, Saya Lihat Jam, itu Film baru maen 1 Jam Lagi, ya udah saya jalan
dulu keliling - keliling di Bandung Indah Plaza.

Karena ada barang - barang pribadi yang mau dibeli, saya masuk ke Giant, Trus
karena mau nonton Film, sekalian dong saya beli beberapa minuman kesukaan dan
cemilan kesukaan. Waktu hampir menunjukkan jam 19, Saya punya waktu 5 Menit
lebih dikit buat jalan ke Studio XXI Bandung Indah Plaza.

Baru aja masuk, Satpam itu Studio dengan ramah berbicara pada saya "Maaf pak,
Isi Kantong Bapak Bisa Kami Lihat ?" Saya kemudian memperlihatkan isi belanjaan
saya, Kemudian si Satpam dengan ramah bilang "Maaf Pak, barang - barang bapak
bisa dititipkan di loker aja pak ?" Saya tanya dengan ramah juga "Emang nddak
boleh bawa makanan dan minuman dari luar ya ?" Si satpam menjawab dengan ramah
"Maaf pak, tidak boleh", sayapun dengan super ramah bilang "Kalau begitu saya
batal nonton nya", saya kemudian balik badan. Kemudian meluncur pulang dan ...
jadinya Nonton Pelita Bandung Raya VS Samarinda di Televisi.

Terakhir kali saya Nonton di Studio XXI di Jakarta sekitar 1 bukan lalu, nddak
terhitung berapa kali saya nonton di Studio XXI dari mulai bujangan sampai
berkeluarga, saya nddak pernah punya masalah.

Ini Film sudah jam tayang, saya datang on the time dan sudah bawa makanan dan
minuman, lha masa iya saya harus beli lagi di dalam Studio XXI ? Berapa lama
saya beli minuman ini minuman itu, cemilan ini cemilan itu ? Masa iya juga saya
nonton cuma melongo aja tanpa bawa minuman dan cemilan ?

Bagi saya nddak masalah kalau memang studio XXI mau berubah dari bioskop
menjadi WARTEG yang mengharuskan pengunjungnya untuk tidak membawa makanan dan
minuman dari luar, tapi tulis di dinding dong ... sosialisasikan dengan baik
dong , tulis pakai huruf gede di depan studio "Dilarang membawa makanan dan
minuman dari luar " apanan kalau gitumah jelas. Kita juga ngerti kok. Mau jual
air minural 10 ribu satu botol ya sudah gua beli ! Mau jual Pop Corn 25 rebu
satu dus kecil ya gua beli ! Tapi jangan ribet begitu dong ...

Kalau saya disebut orang koplok, kenyataannya banyak calon penonton yang nddak
jadi nontong kok, ada juga beberapa calon penonton yang malah bilang ke satpam
"Ini makanan dan minuman buat bapak aja ! Saya tetep mau nonton dan saya tidak
akan beli makanan dan minuman apapun di sini !" ( Saya ketawa ngelihat ini
pasangan muda mudi yang punya sikap teges !" Sip !

Bagaimanapun, dibatasi dan di hegemoni itu nddak enak. Kalau kita pergi ke
resto dan ada larangan untuk bawa makanan dan minuman dari luar, ya kita sangat
maklum, namun saat bioskop menerapkan larangan membawa makanan dan minuman dari
luar, menurut saya mah ini pemegang kebijakan di bioskop ini adarah orang yang
SUPER TOLOL !

Kenapa ?

Kalau saya nonton banyakan, saya memilih untuk ke Dago saja, booking satu
ruangan , nonton di Private Room. Beres perkara pan ? Atau saya lebih milih
beli VCD Asli dan nonton rame rame dangan perangkat audio Video yang bagus,
beres pan ? Daripada nddak nyaman masuk Studio XXI diatur ini diatur itu dan
ditatap sama security beberapa orang yang sok iye berpakaian perlente dan sok
iye bersikap tegas. Koplok ! Kita ke sana itu mau seneng seneng, bukan mau
ditatap tatap kayak gituan !

Beberapa kali saya pernah makan bakso dan jajan di kaki lima ( Saya bilang ya
... studio XXI BIP Bandung PERCIS PEDAGANG KAKI LIMA ! , saat saya pesen
makanan di kaki lima, saya nddak dikasih air minum. Saya suka sengajain nddak
beli minum. Bahkan kalau ngeselin banget, Saya suka sengajain beli minuman
kaleng dari luar dengan harga jauh lebih mahal dibanding 1 cup Aqua yang dia
harapkan saya order dari dia. Pola pikir yang koplok kalau dia mikir bahwa
habis makan bakso, pedes, maka suka nddak suka konsumen harus beli minuman dari
dia. Pikiran koplok ! Karena bagi kita yang pegang duit, begitu "dikerjain"
kayak gitu, maka kita langsung black list itu tukang bakso. Saya pernah bawa 15
Orang anak - anak saya makan bakso di Pantai Anyer, saat bakso digelar, itu
tukang bakso sama sekali nddak ngasih air tawar panas, jangankan air tawar
panas, air putih dingin pun nddak ada ! Satu satunya pilihan bagi kami adalah
harus memesan teh botol yang die bandrol 3 rebu per botol. Saya agak teriak k
 e semua anak - anak "Jangan ada satupun yang order minuman !" Dan seluruh anak
- anak nurut. Begitu selesai makan, saya intruksikan anak anak pindah TEPAT ke
sebelah warung bakso itu dan saya bebaskan mereka untuk memesan minuman apapun
! Mau es campur, boleh ! Mau Teh Botol, Boleh ! Pokoknya bebas ! Mau Bir juga
boleh ! Boleh minum sepuas puasnya ! Apapun !

Jadi, untuk Studio XXI Bandung indah Plaza ... agar tidak membuat kecewa calon
penonton, sebaiknya tulis di Main Gate atau Tulis Itu Di Tempat Beli Tiket
tulisan Besar " WARUNG TEGAL XXI : Dilarang membawa makanan dan minuman dari
luar "

Gitu dong ...