Ada kemajuan... Pinpin nggak ngomong tentang Pancasila lagi - yang maksa orang
ber Ketuhanan Maha Esa.. Tapi Bhinneka.. Bagus dah.  --- In
proletar@yahoogroups.com, <pinpinyuliansyah@...> wrote: Agama itu menurut
saya mah sangat personal. Itu adalah proses pencarian makna hidup yang meskipun
mengaku ber agama sama, namun proses masing - masing manusia akan berbeda
apanan. Jadi ... daripada agama terus menerus dijadikan alasan untuk berantem
yang ujung - ujung nya mengancam stabilitas nasional, mendingan kolom agama
dihilangkan saja. Percis seperti usul Arra : "Mbok ya lebih baik agama itu
jangan pakai nama".

Sekitar seminggu lalu saya sempat istirahat di sebuah hotel di puncak. Kamar
nya bagus. Jadi saat lampu kamar saya matikan , saya bisa leluasa melihat
pemandangan puncak di waktu malam, antrian kendaraan dengan kelap kelip lampu
nya, saya bisa baringan sambil lihat TV di arah jam 12, dan ketika memalingkan
pandangan ke arah jam 1 sampai dengan jam 5, maka saya bisa memandang
pemandangan itu dari balik kaca jendela yang lebar. Luar biasa !

Kedamaian saya terganggu sekitar jam setengah empat pagi saat di seberang kamar
terdengar gaduh orang yang hilir mudik buka tutup pintu kamar dan obrolan
berbahasa Arab dengan suara yang kencang. Arab sialan ! dan sekitar satu jam
kemudian, saya dengar suara ketukan pintu, Edan ! Jam segini ada yang ketuk
kamar ! Saya buka pintu ... dan ternyata ... si goblok orang Arab lagi mengetuk
pintu kamar di seberang Kamar saya dengan suara kencang. Saya menutup kembali
pintu kamar saya, dan serang berapa lama ... saya dengar ada suara beberapa
wanita ngobrol di lorong kamar sambil cekikikan, kemudian terdengar mereka
ngobrol sama orang arab, dan ... seperti nya mereka kemudian masuk ke Kamar si
Arab itu. Ada 2 pintu yang terdengar ditutup. dan setelah itu kembali suasana
menjadi tenang. tak ada lagi suara.

Apa hubungannya Hapus kolom KTP dengan kelakuan 2 orang Arab yang ber haha hihi
dengan wanita wanita pribumi ? Karena saya yakin...sangat yakin... di KTP
wanita - wanita itu, dalam kolom agama mereka, pastilah tertulis : Islam.
Sementara si Arab haramjadah itu ...pastilah juga -- mengaku -- beragama Islam.
Lucu pisan pan ?

Apakah tingkah laku mereka di pagi buta itu mencerminkan kata "Islam"
yang tertulis di KTP mereka ?

Hapus Kolom Agama di KTP !

Tak perlu lagi ada sekian banyak partai politik dengan pimpinan korup dan
beristri banyak menggunakan kata "Islam" sebagai cap dari partai
mereka hanya untuk mendulang suara. Tak perlu lagi ada sekian banyak manusia
yang berteriak dengan bahasa Arab sambil mengacungkan pentungan merajia rumah
makan yang buka di siang hari saat bulan Ramadhan, atau merusak sekian banyak
rumah ibadah dengan mengatasnamakan Tuhan.

Hapus kolom Agama di KTP !

Nddak peduli anda percaya tuhan atau tidak, nddak peduli anda percaya Yesus
atau Dewa, namun saat anda hidup di sini, di Indonesia, maka anda harus dapat
menerima kata "Bhineka" dengan sepenuh hati dan segenap Jiwa.

Merdeka !