Dari jalan main gate ke cluster gate jarak nya lumayan jauh, kalau jalan kaki
bisa 30 menit, jadi sekitar 3 hari lalu saya menggunakan jasa ojek untuk sampai
ke rumah ketika saya dateng malem - malem dari luar kota.

Ih, ini tukang ojek cerdas, dalam perjalanan singkat ini tukang ojek dengan
faseh cerita tentang Jokowi yang lagi "digoyang" agar nddak jadi president (
ini istilah yang digunakan sama tukang ojek),m kemudian .. masih menurut tukang
ojek ini : "Mau digoyang bagaimanapun, Jokowi kerjanya emang bagus kok ! dan
saya paling seneng melihat penampilan dan cara Jokowi berbicara, benar - benar
seperti rakyar biasa ! Bahasanya mudah dipahami, dibanding sama sekian banyak
pemimpin yang sok iya jaga wibawa, ngopmong pakai istilah - istilah yang asing,
berpakaian mahal, naik mobil mewah, banyak bicara tapi tidak berbuat apa - apa "

Terus ini tukang ojek juga dengan faseh cerita tentang Gubernur yang sudah 2
periode berkuasa, yang didukung oleh saudara - saudaranya yang jadi walikota
dan jadi anggota dewan dan -- sang tukang ojek -- merasa tak ada perubahan apa
- apa ! Sang tukang ojek ( ajaip nya ! ) berkata "Sayamah nggak keberatan kalau
provinsi ini dirubah jadi kerajaan dimana kepemimpinan diturunkan dari raja ke
anak raja, saya nddak keberatan pemimpin nya kaya raya, mau korupsi, mau
ngutang, mau makan anggaran, ya silahkan saja ! Mau anaknya jadi walikota,
adiknya jadi bupati, ipar nya jadi anggota dewan, ya monggo ... silahkan ....
asalkan rakyat sehat dan sejahtera !"

nddak bisa panjang lebar cerita karena kami bersama paling sekitar 5 sd 10
menit, saat turun di depan rumah, sang tukang ojek berkata "Kapan saya kayak
bapak ya .... kayaknya hidup bapakmah udah mapan ...", saya senyum "Alaaah ...
kelihatannya aja mapan ! Makin banyak kerjaan makin banyak masalah ! Makin
banyak duit makin susah bahagia lho pak ... "

Tukang ojek nyengir, kemudian pamit.

Saya mesem. Inget lagi gambar pak Harto dengan senyumnya yang khas di angkot -
angkot atau di bak mobil truck yang bertuliskan "Piye Kabare ? Berapa harga
beras sekarang ? Enak hidup di jamanku toh ?"

Saya masuk rumah, dan si kecil berteriak "Ayaaahhhh ! Aku pengen beli bay blade
!"

hihi.