--- In proletar@yahoogroups.com, <johny_indon@...> wrote:
>"oh, sini saya jelasin cara nanemnya. nanti sampe indonesia
>jangan langsung ditanem, tapi simpen dulu bibit tulip ini
>di freezer selama 6-8 minggu, abis itu baru boleh ditanem.
>ini kartu petunjuknya" katanya sambil bilang makasih setelah
>gua bayar.

Wah elu mah gampang banget dikadalin orang. Yang bener aja
mo tanem tulip di Jakarta...
Musti bisa ngerti soal "bio" dulu dah. Organik tulip itu
tak bisa disamakan dengan po'on dan bunga cempaka. Gen tulip
mah gak bakalan jadi/tumbuh/ didaerah tropis, adun ! Apalagi
sampe berbunga.

Tulip itu butuh empat musim, yg mana tidur selama 8 bulan
pertahun. Bangun dimusim semi dan koceak seminggu dua minggu
kemudian, bunga pada layu dan...dan kemudian tidur lagi spd
taon depan.

Freezer itu bukan musim semi dun !