jusfiq menulis 'bible ditulis oleh manusia', dan anda katakan :"ya".  setahu
saya, bible ditulis oleh manusia atas bantuan roh kudus, jadi dalam hal ini
tetap aja bisa disebut sebagai wahyu tuhan.

soale, jusfiq ngomong masalah agama sih, udah pasti, nggak ada yang bener lah.
at least, doi ngomong tentang islam ngawur semuanya.  tapi, to my surprise,
omongan jusfiq tentang bible ini ternyata bener, karena dikonfirmasi anda, yang
sering baca bible yohanes.

jadi, saya sekarang percaya, bahwa kitab suci bible itu tulisan tangan manusia.

kalo quran beda, proses kodifikasi quran memakan waktu tahunan dengan
mengumpulkan ribuan orang penghafal al quran, dari sejak abubakar sampe umar.
jadi tidak ada ketentuan satu kalifah yang menentukan quran, seperti raja roma
yang menentukan bible di nicea.

itu yang selalu dikatakan islam bahwa 'keaslian quran sebagai wahyu allah itu
terjamin'.

--- In proletar@yahoogroups.com, "Leo Susanto" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> apakah mereka yg percaya wahyu tuhan itu juga percaya abu bakar?
>

> anyway: saya tidak percaya dengan iqra.  filsafah saya: human brain is a
> work horse to move the water, not a water retainer. Cogito ergo sum, bukan I
> remember, therefore I am.
> mungkin filsafah saya bertentangan dengan tuhan ....

List owner  :  [EMAIL PROTECTED]