Kang Ade Kim Mo Hok, mana kenal siapa Paul Krugman ?.

Aku jadi inget di tahun 88-an, disaat itu populer istilah comparative
advantage, setiap seminar, maupun rapat selalu diucapkan kata tersebut, aku
sebenarnya suka sebel dan kagum, sebel karena felling ku gak cocok untuk
diterapkan di Indonesia dan wilayah/negara tertentu, kagum karena ada orang
yang bisa menemukan ide tersebut.

Kodak Film bisa dibilang bersaing keras dengan Fuji Film, dan Fuji Film
menjadi kampiun Film jenis roll camera ( bukan film untuk komsumsi film
bioskop ), dimana kemenangan Fuji Film justru bertentangan dengan teori
comparative advantage.

Fuji Film menohok Kodak Film yang memiliki keunggulan comparative advantage
justru dikandang sendiri ( Amerika ), sedang Kodak Film biarpun masuk ke
Jepang malah tidak bisa tembus, dengan kata lain teori dari Paul Krugman
bisa diterapkan untuk melawan dominasi Fuji, selama falsafah nya bisa
diterapkan.

Jepang menguasai market dibanyak negara, menurutku memakai dua parameter
sekali gus, comparative advantage juga yang di ide kan oleh Paul Krugman.

RRT bisa tembus kemana mana, juga menerapkan idenya Paul Krugman biarpun
dengan pola yang di modifikasi karena market di dalam negeri sendiri sudah
sangat besar, sehingga tanpa melakukan eksport pun masih tetap bisa
untung......., dengan kata lain tanpa memindahkan pabrik pun sudah bisa
menutupi banyak biaya biaya yang tidak perlu dengan keuntungan tetap
didapat.

Kadang aku heran ide Paul Krugman menurutku sedikit mudah dipahami, entah
mengapa baru sekarang mendapatkan sorotan yang menggelegar.

Memang karakter Paul Krugman termasuk sosok aneh, mata yang melotot mirip
HBB, rambut jabrik tak beraturan.....ucapannya/tulisannya singkat dilain
pihak padat ( aku gak ngerti rumus rumus an, jadi gak bisa kasih komentar
banyak mengenai rumus rumus njilemet nya. )

Untuk ini Paul Krugman bisa aku sejajarkan dengan Steven Hawking, dimana
mampu menjelaskan sesuatu dengan bahasa awam.

Aku yakin banyak orang pinter Indonesia ( terutama ekonom ) yang pernah ikut
seminar Pauk Krugman ketika datang ke Indonesia akan ikut bersorak, karena
minimal sudah bisa memandang langsung sosok mbalelo nya. ( sayang ntu waktu
ticketnya mahal banget.......diatas 2 jeti untuk seminar sekian jam.....edan
memang.

sur.
http://indolobby.blogspot.com