--- In proletar@yahoogroups.com, "Hafsah Salim" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ya... enggak benarlah begitu, ternyata segala ilmu bukan datang tapi
> diciptakan manusia itu sendiri.  Contohnya saja ilmu aljabar, itu khan
> manusia yang bikin.  Buktinya Aljabar biasa berbeda dari boolean
> algebra, meskipun keduanya sama2 algebra tapi penciptanya berbeda
> sehingga isi dan kegunaannya juga cuma ciptaan dari si manusia yang
> menciptakan itu saja bukan dari Tuhan.

ada perbedaan mendasar antara "invention" dan "creation".
ilmu pengetahuan seperti halnya hukum2 fisika atau matematika
lebih tepat dikatakan "ditemukan manusia" daripada "diciptakan manusia".
karena hukum alam dari dulu sudah begitu adanya.
gravitasi, medan magnet, jumlah atom dalam sebuah unsur,
dan "segala perhitungan2 di dalamnya", semua itu sudah ada sebelumnya,
tidak diciptakan oleh manusia.
manusia tidak menciptakan gravitasi bumi.
percepatan gravitasi bumi yg 9.8m/detik kuadrat itupun
hanya 'ditemukan' saja, bukan diciptakan.

ketika einstein menuliskan rumus e=mc2, dia samasekali
tidak menciptakan ilmu pengetahuan.
dia hanya "menemukan" pengetahuan yg menyatakan bahwa
enerji dan massa itu bisa saling bertukar kursi.

tapi gue juga heran, kenapa nanggepin musmus bisa serius gini?
apakah ini yg dinamakan congcorang effect?