Fatwa itu perangkat politis kuno yang cuma ampuh di jaman baheula, jaman
cendekiawan memimpin masyarakat yang tingkat pengetahuannya mencapai kebodohan
ekstrim (jahiliah).

Kedudukan fatwa sebagai jawaban / pendapat sang cendekia mestinya berfungsi
sebagai perangsang yang menginspirasi masyarakat dalam menangani masalah, dan
bukan dimanipulir seolah itu adalah sabda pandita ratu. Fatwa harus hidup dan
menghidupi jamannya. Kalau tidak, berarti ya cuma pamflet.

Tak eloklah memanfaatkan fatwa sebagai instrumen top-down di alam demokrasi.
Nggak aci.

ajeg=