Para penulis sejarah Indonesia masalahnya bukan sejarawan, tetapi politisi.
Jadi Kristen yg berkembang di Indonesia seolah2 berasal dari orang kulit putih
Eropa.

Orang Arab menyebarkan Kristen ke Indonesia s/d ke Barus pada abad VII. Ini
berdasarkan catatan musafir Muslim Mesir, Abu Shalih al Armini.

Abu Shalih al Armini banyak mencatat sejarah Kristen, termasuk mukjijat2 yg
ada. Gak tahu juga mengapa Abu Shalih al Armini memasukkan cerita mukjijat2.

Di Sibolga ada gereja kuno abad VII, bernama Guanji Maria, artinya Janji Maria.

Di jaman Majapahit & Sriwijaya, saya membaca perkembangan orang2 Kristen Arab.

Dalam doa orang Jawa saya jg membaca adanya kata Logos untuk menyebut tuhan.
Jelas Logos bukan kata asli Jawa, maupun Arab.