1. wah, "alternatip"-nya itu, ya, jangan diilangin, dong-ah!

alternatip itu poin fenting bangets, gituh. dan, lazimnya, gerakan fpi tidak
pernah disebut2 sebagai gerakan alternatip. gerakan anarkhis, sih, iyye! kalo
dalam konteks globelaisesen, fpi itu mah gerakan fundamentalis, gituh.
ngomongin
fpi tanpa ngomongin globalisasi kayaksnya kurang gimana gituh. padahal gw
benernya males2-bosen2 gimanaaa gituh. singkatnya, dampak negatip dari
globalisasi, ya, tumbuh suburnya fundamentalism sebagai reaksi keras atas
hegemoni tunggal globalisasi, hegemoni negara2 superior (negara2 barat)
terhadap
negara2 inferior (negara2 dunia ketiga-lah); antiglobalisasi. sebaliknya,
gerakan alternatip adalah gerakan untuk menghadapi globalisasi dengan
terobosan2
alternatip, bukan dengan kekerasan, bukan antiglobalisasi, melainkan
alterglobalisasi!

2. pembaharuan dalam islam praktis mandeg di abad ke-7, setelah pembaharuan2
"revolusioner" yang telah berlangsung sebelum2nya: pencatatan quran,
pe-mushaf-an quran, pe-mushaf-an quran versi tunggal ustman (quran ustmany),
gerakan wahhabi-nya muhammad abduh, dalam skala yang demikian, "hanya"-lah
pembaharuan kecil2an doang. dan, pembaharu tanpa power tapi hendak coba2
memperbaharui islam yang kelasnya se-"revolusioner" pada zaman
khulafaurrasyidin, hampir dipastikan akan divonis murtad, dan hasil
pembaharuannya divonis bid'ah. sehingga yang terjadi adalah pembaharuan2 kecil
dan berlangsunglah tafsir2 quran (dan sunnah) yang lebih cair, lebih moderat
hingga yang paling sekuler, tapi berlangsung "diam2", tidak pernah dibakukan
sebagai sebuah kesepakatan global untuk perubahan peradaban islam. dan,
abrakadabra, kritik2 atas quran (juga sunnah) lebih sering dan lebih mudah
menimbulkan syak-wasangka dan menimbulkan reaksi yang seringkali amboi-aduhai!

3. yep! hakikat kehidupan adalah pergerakan (cei...). perubahan sudah pasti
terjadi-lah, meskipun entah kapan. tanpa perubahan, mati-laaahhh....

4. di dunia ini, aku yakin, tidak ada sesuatu pun yang "terakhir dan sempurna"
yang dapat berlaku untuk segala zaman untuk segala cuaca dan segala situasi dan
kondisi. duham (deklarasi universal hak asasi manusia), menurutku, juga pasti
akan mengalami perubahan di masa mendatang, entah kapan....

5. setuju, deh!

blub!