  From: Tawangalun
  To: proletar@yahoogroups.com
  Sent: Tuesday, September 14, 2010 11:23 PM
  Subject: [proletar] : Perbedaan Pokok Teologi Ahmadiyah.....Re: Fwd: [hkbp]
Pdt ditusuk dan dipukul

  Pertama Ahmadiyah itu kalau bikin agama baru mbok jangan pakai Islam nanti
bisa dianggap malsu merk.Kalau pakai nama Pangestu tentunya gak diusik.
  Kedua Gulam Ahmad itu dapat pensiun dari UK,karena dianggap berjasa memecah
persatuan Islam yg waktu itu nglawan Inggris,sama halnya di RI Islam nglawan
Londo.
  Islam dituduh nyontek Bijbel tapi kan merknya bukan Kristen tapi Islam jadi
ora malsu merk.

  Shalom,
  Tawangalun.

  --- In proletar@yahoogroups.com, "sunny" <am...@...> wrote:

  > Tawang,
  >
  > Ini dari milist tetangga, apa komentarmu?
  >
  > Wass

[hkbp] Pdt ditusuk dan dipukul

  > Dear L. Meilany,
  >
  > Saya pikir Ahmadiyah dibenci oleh sebagian kalangan karena orang-orang yang
membenci itu cemburu, tepatnya cemburu buta - karena: (i) Ahmadiyah memiliki
teologi/pemahaman yang beda dengan yang mereka percayai, dan perbedaan itu tak
kuasa untuk disanggahnya; (ii) Ahmadiyah memiliki organsisasi dan jamaah yang
solid, memiliki visi dan misi yang sama di seluruh dunia, dan tentu saja
memiliki Khalifah/Imam yang dipatuhi dan dicintai oleh Jemaat Ahmadiyah. Apa
yang dimiliki oleh Ahmadiyah tidak dimiliki oleh kalangan lainnya, sehingga
menimbulkan kecemburuan.

  > Beberapa perbedaan pokok teologi Islam dalam Ahmadiyah
  > dibandingkan dengan teologi Islam yang umumnya dianut/dipercaya oleh para
kyai/ulama/mullah sebagai berikut:

  > 1. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Allah Ta'ala tidak lagi
menurunkan wahyu setelah wafatnya Nabi Muhammad s.a.w., namun dalam Ahmadiyah
saya diajarkan bahwa Allah Ta'ala yang Maha Hidup (tidak pernah mati atau
tidur) bersifat Mutakallim (Maha Berkata-kata) akan terus menurunkan wahyu
kepada hamba-hamba yang dikehendaki-Nya setelah wafatnya Nabi Muhammad s.a.w.

  > 2. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa nabi apa pun tidak dapat datang
lagi setelah Nabi Muhammad s.a.w., namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa
nabi yang patuh, tunduk dan taat kepada Syari'at Islam dapat datang lagi
setelah Nabi Muhammad s.a.w.

  > 3. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Nabi Muhammad s.a.w. adalah
Nabi Terakhir, tidak ada nabi apapun setelah Nabi s.a.w., namun dalam Ahmadiyah
saya diajarkan bahwa Nabi Muhammad s.a.w. adalah Nabi Terakhir yang membawa
Syari'at.

  > 4. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Nabi Isa a.s. dari Nazareth
yang 2.000 tahun yang lalu diutus kepada Bani Israil masih hidup sampai dengan
detik ini dengan jasad kasarnya entah di mana dan akan datang lagi ke dunia
ini, namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa Nabi Isa a.s. sudah
mati/wafat/meninggal dan tidak akan datang lagi ke dunia ini, dan yang dimaksud
sebagai Nabi Isa a.s. yang akan datang lagi ke dunia ini seperti tertulis dalam
Hadits-Hadits Shahih telah tergenapi dalam sosok Mirza Ghulam Ahmad.

  > 5. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Isa dan Mahdi akan datang
  > bersama-sama di Hari Kiamat, namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa Isa
dan Mahdi yang dimaksud dalam Hadits-Hadits Shahih sudah datang dalam diri
Mirza Ghulam Ahmad.

  > 6. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa peristiwa Isra Mi'rajnya Nabi
Muhammad s.a.w. dilakukan secara jasmani/fisik, namun dalam Ahmadiyah saya
diajarkan bahwa Isra Mi'rajnya Nabi Muhammad s.a.w. dilakukan secara rohani.

  > 7. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Tadzkirah adalah kitab sucinya
Ahmadiyah selain Al-Qur'an, namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa
Al-Qur'an adalah kitab sucinya dan buku Tadzkirah bukanlah kitab suci, namun
hanyalah buku biasa saja yang memuat kompilasi wahyu-wahyu yang diterima oleh
Mirza Ghulam Ahmad - sama seperti buku Hadits Qudsi adalah buku biasa saja yang
memuat kompilasi wahyu-wahyu yang diterima oleh Nabi Muhammad s.a.w.

  > 8. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan kaum Muslim boleh menghakimi
keyakinan suatu kaum yang berbeda dengan keyakinan mayoritas sebagai keyakinan
yang sesat, non-Muslim, dan kafir dalam bentuk fatwa, namun dalam Ahmadiyah
saya diajarkan bahwa hak untuk menghakimi keyakinan suatu kaum adalah mutlak
milik Allah Ta'ala, bukan milik manusia.

  > 9. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan kaum Muslim boleh melakukan
pemboikotan, pemblokiran dan perusakan tempat ibadah kaum lain yang dianggapnya
sebagai sesat, non-Islam, kafir, namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa
pemboikotan, pemblokiran dan perusakan tempat ibadah kaum lain adalah terlarang
menurut ajaran Islam.

  > 10. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa melakukan bom bunuh diri untuk
memerangi kaum yang dianggap sebagai sesat, non-Islam, kafir dibolehkan dan
kematian karena bom bunuh dirinya itu dianggap sebagai mati syahid, namun dalam
Ahmadiyah saya diajarkan bahwa bunuh diri dengan cara apapun untuk memerangi
suatu kaum adalah terlarang menurut ajaran Islam.

  > 11. Para kyai/mullah/ulama mengajarkan bahwa Nabi Adam a.s. adalah manusia
yang pertama di muka bumi ini, namun dalam Ahmadiyah saya diajarkan bahwa Nabi
Adam a.s. bukanlah manusia pertama yang ada di bumi dan ia adalah nabi pertama
yang diutus di dunia ini.

  > Segini dulu. Semoga bermanfaat.
  >
  > Salaam,
  > MAS

lahan mereka punya yg kebetulan
Tapi sangat sulit perijinannya.
juga, akhirnya ya kembali ke lahan mereka punya.

rumah2], ruko, mal kalo pagi2 gak ada yg usik2.

Kristen kagak ada yg ribut macam orang Islam :-)

orang lain, sopan santun mungkin akan aman2 saja.
Ahamadiyah yg bahkan menuhankan pimpinannya

tulisannya cat hitam; " Tolak pendirian masjid LDII!!"
pakai jasa cleaning service yg digaji bulanan.
pasti peturasan, tempat wudhunya jorok.

masjid sangat wajar. Coba betapa indahnya,
masjid Ahmadiyah, LDII, dan lainnya yg dianggap sesat.

majelis dengan pendeta, majelis vs jemaat, pendeta vs majelis plus jemaat
(macam yang kini terjadi di HKBP Kebayoran Lama), pendeta vs pengurus kantor
pusat (ephorus), dan jemaat plus majelis melawan kantor pusat. Pemicu
pertentangan sedikit saja yang bersifat teologis, selebihnya menyangkut
manajemen administrasi keuangan, perebutan kuasa dan pengaruh, soal
penempatan-pemindahan pendeta, dan gaya kepemimpinan pendeta."

Orde Baru beretnis Batak yang tak suka SAE Nababan karena dianggap tak
kooperatif dengan kebijakan Soeharto dan disinyalir pula anti-Golkar. Implikasi
dan dampak konflik tersebut membuat antarpendeta, antarjemaat, terlibat
perseteruan hebat yang nyaris merontokkan makna agama, membuyarkan harmoni
relasi sosial berdasarkan tatanan dan norma hubungan kekerabatan berdasarkan
aturan `Dalihan Natolu'. Entah berapa pendeta, vikar, jemaat, yang tewas; entah
berapa ratus pula yang cacat dan luka."

orang beragama, ati2 ame mpolitik...