memang ini salah satu faktor kelemahan tiran negeri sosialis,
karena semua dicukupi oleh negara, maka membuat kecenderungan masyarakatnya
malas

permasalahannya apabila negara punya kekayaan sumber daya alam yang banyak, maka
masyarakatnya malas ya gak jadi masalah. Sbg conto adalah negeri saudi.

saya kira langkah yg tepat adalah menaruh ideologi seperti yg dilakukan oleh
Lenin ataupun Trotsky

orang-orang seperti Kalashnikov, oparin, friedman, tentu bukan orang yang kaya,
tapi seperti pengakuan kalashnikov, bahwa mereka sangat mencintai negaranya.
Kalashnikov sbg perancang AK-47, senjata yang paling popular, pensionnya tidak
terlalu banyak, karena hak property AK dimiliki oleh negara.

disini diperlukan pembangunan ideologi, bahwasanya di Soviet, eksistensi
seseorang diakui apabila memberikan sumbangsih (kecerdasan) ke negaranya

sedangkan sbg american, seseorang mau mendengarkan anda kalau anda naik mobil
mewah, dan tidak ada orang yg mau mendengarkan anda kalau anda tidak punya uang

ini masalah konsep eksistensi seseorang.

dan masalah konsep eksistensi individu di tiap negara berbeda, seperti yang
telah saya sebutkan, bahwa sbg american anda harus punya duit banyak untuk
mendapatkan eksistensi, lain lagi sbg russian, anda akan terhormat apabila mampu
menyaingi Friedman...

di indonesia permasalahannya adalah dijajah sekian lama oleh belanda dan banyak
sekali orang miskin dan juga konsep eksistensinya berkiblat ke amerika...

jadi orang-orang indonesia mayoritas mengejar harta/uang..

saya kira di indonesia, secara psikologi massa, bahwasanya eksistensi seseorang
juga dinilai kepada kekayaan, dan bukan kepada pengabdian ke negaranya. Ini
semua secara psikologis karena masyarakat indonesia adalah feodal, sehingga tiap
orang ingin menjadi raja :)

untuk merubah ini semua perlu perjuangan ideologis yang panjang.

--- In indonesia-ris...@yahoogroups.com, Angelina Hendarto