"...........orang kristen menganggap ajaran agamanya itu bukan sebuah
hukum...." Ini juga kalimat nT, kalimat manusia yang setiap saat bisa
berubah. Pernah tak tulis pengejawantahan diametral thd tulisan nT,
dimana KATEBE Yesus a.s nemu keledai yang lalu dimanfaatkan utk
tunggangan. Mungkin lalu negara-negara umat Kristen rame-rame
menerjemahkan ayat ini,  pergi meninggalkankan negaranya "mencari
keledai". Belanda "nemu  keledai", Inggris, Perancis, Spanyol, Portugis,
Italia Jerman dst juga  "nemu". Dan para evangelist yang menyertai juga
nemu kesempatan  menyiarkan agama mereka. Padahal, "keledai" temuan
negeri-negeri Kristen  ini ada yang punya, sudah ada negara atau
kerajaan merdeka yang  memerintah. Sulit mencerna yang Yesus a.s nemu
keledai siap ditunggangi  dan keledai ini ga ada yang punya, meski di
ayat-ayat lain, Yesus a.s  nyuruh nyolong instead of nemu.

--- In proletar@yahoogroups.com, David Silalahi <davidfr76...@...>