Ini kelucuan baru, meyakini bawah sadar orang..
Apa ukuran untuk meyakini itu? Sikap?

Yah, itu orang bisa dengan gampang membantah.
Namanya juga bawah sadar, sulit dibuktikan
apalagi dimintai pertanggungjawaban. Kalaupun
tertangkap basah seperti si idiot Bush, dia orang
tinggal minta maaf. Habis perkara. Balik ke
square one.

Percayalah, perselisihan tentang agama tidak
akan pernah berujung, lebih-lebih kalau niatnya
saling mengalahkan. Karena itu biarkan saja dulu
tawaran untuk bertarung di luar urusan agama.

Kristen, khususnya kalangan WASP, mengamini
pengalihan tema dari "Kristen vs Islam" menjadi
"Barat vs Islam" sebagai ungkapan atas membanjirnya
imigran di wilayah mereka -- imigran di sini bukan
cuma berarti warga pendatang, lebih jauh lagi
"orang asing" dalam lingkungan mereka, termasuk
dalam bisnis; industri; olahraga; maupun politik.

Semenjak Bush jadi presiden, tema ini menjadi
keterlanjuran karena terdengar lebih lunak dibanding
seruan idiotnya yang dia ralat menjadi war on terror.

Bush, WASP dkk boleh saja menyangka dirinya tambah
pintar dan lebih beradab dengan memakai istilah "West
vs Islam". Yang pasti, mereka salah sangka terhadap
dirinya sendiri. Sebab, membenturkan peradaban
(Barat) dengan Islam samasekali tidak membuat mereka
kelihatan pintar barang setitik pun.

Sebaliknya, mereka cuma pamer kebodohan permanen
karena mengakui Islam sebagai peradaban yang
setanding dengan Barat. Langsung atau tidak, itu
sebuah pengakuan bahwa Kristen hanya sebatas agama.

Sekalipun begitu, realita yang patut dijawab hari-
hari ini, terutama oleh umat Islam sendiri, adalah
mengentalnya dugaan bahwa OBL merupakan representasi
dari Islam.

Orang boleh bilang itu dugaan yang lucu. Memang.
Karena sama lucunya dengan orang yang meyakini motif
& ukuran celana dalam orang. Dugaan & keyakinan
yang sama-sama gampang dibantah.