Anda benar, tetapi pemimpin maupun para ulama ini sangat berperan
terhadap nasib rakyatnya. mungkin bisa disamakan dengan bebek atau itik,
kemana induknya pergi..anak-anaknya ikut aja dari belakang..kendati
induk terjun kejurang pun..pasti anak-anaknya ini ngikut hehe

saya kira bangsa Israel pada umumnya sepakat dan sependapat dengan para
ulama mereka pada masa itu..tetapi samaria yang tidak dianggap bagian
dari Israel banyak menerima kebenaran yang diajarkan oleh Yesus, tetapi
kalo dibandingkan dengan jumlah yang pro ulama tadi tentu tidak masuk
hitung.

tetapi aturan dan ketetapan di sinagog, bahwa ulama itu bukan sekedar
propesi seperti sekarang yang mana siapa saja bisa..tetapi harus berasal
dari suku tertentu.
namun jangan tanya saya mengapa demikian hehe

rs