tawang,

yesus memang disunat tetapi dia tidak MEMERINTAHKAN, tidak MENYURUH, dan
tidak MENGAJARKAN. yesus disunat hanya karena dia masih kecil dan karena dia
orang yahudi.

tradisi yahudi dan agama yahudi adalah mewajibkan setiap anak untuk disunat.
ini adalah bukti bahwa yesus mengikuti tradisi dan budaya, ia tidak
menghapuskan tradisi dan budaya. sekali lagi, ia tidak menghapuskan tradisi
dan budaya dan ia juga tidak memerintahkan.

orang terdekat yesus memperlakukan yesus seperti apa pada saat ia mati juga
merupakan BUKAN PERINTAH, BUKAN AJARAN, yesus sama sekali tidak menyuruh
untuk dilakukan.

anda tahu apa bedanya perintah/ajaran dengan contoh/teladan?

perintah atau ajaran adalah sesuatu yang harus dijalani, sedangkan contoh
atau teladan adalah gaya hidup seseorang yang bisa kita tiru tetapi bisa
kita lakukan dengan mempertimbangkan situasi, kondisi dan latar belakang
kehidupan. jadi apabila pada masa itu yesus pakai jubah dan naik keledai,
itu artinya bukan berarti semua umatnya harus pakai jubah dan naik keledai.
apabila yesus adalah tukang kayu dan disalib, itu bukan berarti semua
umatnya mesti jadi tukang kayu dan disalib. apabila yesus punya rambut
panjang dan jenggot, itu bukan berarti semua umatnya mesti jadi tukang kayu
dan disalib.

otak anda perlu mengerti dan menelaah semuanya itu. pelan-pelan saja kalau
memang selama bertahun-tahun anda masih belum bisa mengunyahnya. mungkin
anda masih butuh ratusan tahun lagi.

yesus memang tidak minta disembah. berkali-kali saya sampaikan di milis ini
bahwa yesus itu manusia dan tidak minta disembah.

mungkin anda masih butuh ribuan tahun untuk bisa mengingat jawaban orang dan
tanggapan orang melalui email di milis.