On 23/03/2011 3:07 PM, ndeboost wrote:

> 1. Tuhan dalam bible satu kesatuan, bukan Esa tunggal.
> Lihat Ul 6:4, Mrk 12: 29, 1 Tim 2:5

richan : ekh-awd' artinya satu unity bukan satu unit hehe

> Yoh 10:30 "I and my Father are one"
> 2. Rohoh kudusnya mana?

richan : hubungkan dengan ayat yang lain maka akan anda dapati bahwa
didalam Ketuhanan yang satu ada Bapa, Firman dan Roh Kudus.

> 3. Satu diantaranya dalam pandangan, tindakan dan cara "meluruskan"
> orang Yahudi. Perhatikan "are", bukan "is"

richan : artinya Kami yang jamak adalah "satu"
bingung? wajar.

> 4. Lama dan nggantung:
> "....Keknya yg menyampaikan demikian bukan Yesus a.s. Pak @RS ga
> mengada-ada kan? Lalu Eohim keknya bisa tunggal bisa juga jamak..."

richan : Kalo bisa tunggal dan bisa jamak, berarti mantap noh hehe

> "...kalo orang arab yang disuruh menterjemahkan ini..akan berubah jadi
> Allah ..."
>
> 5. Banyak kata "Allah, ALLAH dan allah" di Bibel LAI06 maupun LAI76.
> Malah ini yang mau nDeboost tanyakan ke Pak @RS. Terjemahan orang arab
> atau nyontek Allahnya orang arab?
>
> "...kalo bule yang terjemahin akan berubah jadi God, Lord atau
> apalah..."

richan : ya, seharusnya LAI merubahnya.. karena Allah adalah nama
sembahannya orang arab.
tetapi enggak semudah ini, karena besar kemungkinan kamus jadul
menterjemahkan kata God menjadi Allah, sehingga terbawa-bawa hingga
sekarang.
Tapi enggak usah marah karena keterlanjuran ini, karena nasrani tidak
akan ikutan menyembah yang di kaabah.

> 6. Ini bahasa apa? "Yoh 10:30 "I and my Father are one""

richan : eg-o' dan pat-ayr' adalah satu.

> 7. Lalu Pak @RS baca Bibel berbahasa Hebrew dg bahasa pengantar apa? Bhs
> Batak? Urdu? Arab? Kalau ada yg pakai bahasa Indonesia kasih donk
> link-nya.

richan : saya biasa menggunakan bahasa indonesia terjemahan baru..kalo
ada kalimat atau kata yang kurang menggigit terjemahannya..saya cek KJV,
kalo masih kurang..saya cek bahasa aselinya yang diterjemahkan peke
kamus strong's hebrew dan greek.

> Mat :3:3 "Kurios" adalah penggenapan dari nubuatan Yes 40:2-5.
> 8 Bagaimana Mal 3:1?

richan : Tuhan akan mengutus Yohannes mendahului Tuhan, yakni Tuhan yang
selalu dicari oleh bangsa Israel..
dan Yesus lah yang datang.