--- In proletar@yahoogroups.com, Richan S <richansitumorang@...> wrote:

> richan : ekh-awd' artinya satu unity bukan satu unit hehe
nT sudah buka 3 ayat tsb? Ga ada ekh-awd. nT ngarang lagi kan?

> richan : hubungkan dengan ayat yang lain maka akan anda dapati bahwa
> didalam Ketuhanan yang satu ada Bapa, Firman dan Roh Kudus.
nT pakai ayat diatas  (Yoh 10:30) sbg paparan . nDeboost baca yang roh
kudus ga disebutkan alias tersingkir. Juga ga ada firman, kecuali I dst.
Anda ngarang lagi kan?

Bukannya Pak @RS yang mbingungi lalu ngarang lagi? nDeboost ga lihat
adanya "kami". Pak @RS dapat dari mana?

> richan : Kalo bisa tunggal dan bisa jamak, berarti mantap noh hehe
Jadi artinya memang kadang tungal namun boleh jamak? 1000 juga masuk
kan? Makin mantap, mereka bisa kerjasama dan saling ngatur agar "sesama
bis kota jangan saling mendahului" atau "jeruk makan jeruk".

> richan : ya, seharusnya LAI merubahnya.. karena Allah adalah nama
> sembahannya orang arab.
> tetapi enggak semudah ini, karena besar kemungkinan kamus jadul
> menterjemahkan kata God menjadi Allah, sehingga terbawa-bawa hingga
> sekarang.
> Tapi enggak usah marah karena keterlanjuran ini, karena nasrani tidak
> akan ikutan menyembah yang di kaabah.

Sekarang terjemahan God apa Pak? Dewa? Berhala? Duit? Orang Nasrani
kalau mau nyembah kabah gpp. Nanti yang Islam tinggal nonton. Pak @RS
tahu tata cara nyembah kabah atau mau ngarang dulu?

> richan : eg-o' dan pat-ayr' adalah satu.
Sorry, Pak @RichanS salah mengartikan. nT mengasumsikan kalau yang
nerjemahkan bule maka God bertebaran. Lah nT sendiri sample-nya bhs
Inggris. nDeboost ga denger apa lihat "eg-o' dan pat-ayr'" disana (Yoh
10:30). nT ngarang lagi.

Bhs

> richan : saya biasa menggunakan bahasa indonesia terjemahan baru..kalo
Artinya terjemahan arab, banyak Allah-nya kan? Pasti ga ada Elohim atau
YHWH
> ada kalimat atau kata yang kurang menggigit terjemahannya..saya cek
KJV,
Artinya terjemahan bule, banyak God-nya kan?
> kalo masih kurang..saya cek bahasa aselinya yang diterjemahkan peke
> kamus strong's hebrew dan greek.
"...bahasa aselinya yang diterjemahkan.." ada tha yg bahasa aselinya?
nT tak sodori "are" vs "is"mbingungi padahal keknya bhs Inggris bagi nT
bukan masalah.

> richan : Tuhan akan mengutus Yohannes mendahului Tuhan, yakni Tuhan
yang
> selalu dicari oleh bangsa Israel..
> dan Yesus lah yang datang.
Mat 3:3, Yes 40:3  dan Mal 3:1 berbicara hal yang sama atau beda? Yes
40:3 bichara ttg Elohim dan YHWH. Mat 3:3 dan Mal 3:1 ttg nabi.

Nah kalau Elohim bisa berarti jamak dan atau bermacam-macam maka yang
dimaksud Yes 40:3 ga nentu. Hakim, dewa-dewi, penguasa, Tuan, Tuhan dst

Elohim..

<mailto:proletar%40yahoogroups.com>,

anda

Keselamatan