Ya... dan Muhammad teriak2x pada saat mau mampus...
Rasa-nya racun itu mengoyak urat-urat ku...

*Muhammad sendiri tidak luput dari hukum “pedang berbalas pedang.” Ia kena
racun dari perempuan Yahudi yang ditawannya di Khaybar, dan Allah tidak
menghindarkan atau memunahkan racun itu dari padanya, seperti yang diakui
oleh Anas bin Malik: “Saya selalu mengetahui pengaruh racun itu dalam
kerongkongan beliau.” (HS Bukhari 1220).*

*Aisha menyaksikan betapa Muhammad menderita, karena sakit keracunan makanan
tersebut disaat-saat kritisnya: “Hai Aisha! Saya senantiasa merasa pedih
makanan racun yang saya makan di Khaybar. Itulah waktunya saya merasa tali
jantung saya putus karena racun itu.” Di balik penderitaan jasmaninya,
harapan dan permohonannya untuk keselamatan dirinya di akhirat juga tidak
menentu, karena tidak ada tanda-tanda dijawab lagi oleh Jibril maupun Allah.
Muhammad hanya bergumul sendirian dengan maut: “Wahai Tuhan! Ampunilah saya!
Kasihanilah saya dan hubungkan saya dengan dengan TEMAN yang Maha Tinggi…”
Lalu beliau mengangkat tangannya sambil mengucapkan: “Teman yang Maha
Tinggi.” Lalu beliau wafat dan rebahlah tangan beliau. (HSB 1570, 1573,
1574).*

GP