From: suryana <gsury...@indo.net.id>
To: proletar@yahoogroups.com
Sent: Wed, May 25, 2011 8:35:59 PM
Subject: Re: [proletar] Re: Indomie batas Iman Islam

Di Katholik istilah perpuluhan sudah lama banget dicabut, karena di Alkitab
perpuluhan berasal dari Perjanjian Lama, dimana sepuluh persen karena pada
saat itu anak nya ada 11 orang ( Abraham ? CMIIW ), dan 10 anak bekerja
diluar bait suci, sedang 1 anak khusus menjaga bait suci, sehingga setiap
bulannya 10 anak wajib memberikan sepuluh persen dari hasilnya ke anak yang
menjaga bait suci.
Di Gereja Kristen masih banyak yang menerapkan perpuluhan ini, dan ada
pendeta yang pintar ngibul jelas memakai ayat ini dengan dalih kerja menjaga
bait suci diganti menjadi menjaga gereja gereja yang ada di Indonesia,
padahal didalam kenyataannya banyak diselewengkan, mulai dari pendeta sampai
ke pengurus pusat, dimana di pusat uang setoran dari gereja malah diputarkan
lagi oleh pengurusnya baik sebagai pinjaman tanpa bunga maupun kerja sama
bagi hasil dengan pembagian asal asal an, Paman ku pernah sakit hati ketika
menduduki bendahara sebuah gereja, dan suatu waktu minta bantuan untuk
melakukan sedikit rehabilitasi gereja, dan tidak dikabulkan pusat, ketika
ikut rapat dipusat ternyata uangnya ber milyar milyar sampai akhirnya
pamanku mundur dari aktivitas gereja, hanya jadi umat doangan, dan itu juga
sekali kali ke gerejanya.
Ada lagi adikiparku, dia rajin memberi 10 persen dari penghasilan kotornya
ke gereja tanpa mau tahu ntu uang mau diapakan, padahal sepuluh persen nya
lebih dari 2 juta.
Perpuluhan bagi yang sudah mendapat pencerahan tidak akan mau lagi
diberikan, jadi perpuluhan sebetulnya sukarela, dan kadang dipakai
pendeta/romo bila kondisi keuangannya cekak, dan tidak ada unsur paksaan,
perpuluhan menjadi populer lagi setelah Kristen aliran AS masuk Indonesia,
dimana perpuluhan menjadi sebuah 'keharusan' yang tidak disadari oleh
umatnya, untuk bisa mendapat perpuluhan maka mau tidak mau awalnya melakukan
kristenisasi dengan tujuan mendapat umat yang banyak, setelah umat banyak
maka umat mulai diseleksi, bila bokek akan ditinggalkan sedang yang rajin
dan memberi uang rutin mingguan, akan dipelihara, sampai mendapat satu tokoh
kaya, maka perpuluhan menjadi targetnya, bila mendapat 10 umat kaya otomatis
pendeta nya menjadi umat ke sebelas yang sama kayanya, dan bisa jadi malah
lebih kaya dari salah satu umat yang 10 orang itu.
Maka jabatan pendeta menjadi menarik, apalagi yang namanya cina mah jago
ngitung, dan ditambah jago cuap cuap, mengapa tidak ?........

Karyawan ku yang mendapat upah mingguan, disaat lebaran memberikan zakat 2,5
persen dari hak milik nya, pernah aku tegur apa artinya 2,5 dari hasil kerja
nya, sedang untuk lebaran saja masih termasuk pas pas an, dia menjawab
karena itu untuk membantu yang lebih kurang mampu lagi dibandingkan dengan
dia, aku kadang hanya bisa termenung, bila saja semua warga memiliki jiwa
dan pikiran seperti ini, aku yakin NKRI bakalan maju.

sur.