Sembahyang Muslim Tidak Sampai Kepada Alamatnya?

http://bacabacaquran.com/

Mari kita baca:
Allahumma inni zhalamtu nafsi zhulman katsiran, wala yaghfirudz
dzunuba illa anta, faghfirli maghfiratan min ‘indika warhamni innaka
antal ghafurur rahim.”
“Wahai, Allah! Bahwasanya aku aniaya terhadap diriku sendiri
dengan penganiayaan yang banyak. Tidak ada yang berhak mengampuni aku
melainkan hanya Engkau. Karena itu ampunilah aku sebenarnya ampun dari
Engkau. Dan kasihanilah aku, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi
Maha Pengasih.”
Ini adalah doa ajaran Rasulullah saw yang disampaikan kepada Abu
Bakar Shiddiq r.a. ketika ia minta diajarkan oleh Muhammad untuk membaca doa
dalam shalat. Lihat Shahih Bukhari no.455.
Rupa-rupanya Muhammad tahu bahwa manusia amat banyak kesalahannya
dalam segala aspek kehidupannya, sehingga perlu selalu membaca doa
khusus ini dalam shalatnya. Beliau sadar bahwa hal itu juga berlaku
untuk dirinya yang penuh bergelimang dalam dosa dan kesalahan,
sedemikian sehingga beliau sendiri bahkan harus mengakui: “Demi Allah! Saya
minta ampun dan bertobat kepada Allah, dalam satu hari lebih dari tujuh puluh
kali.” ( Shahih Bukhari no.1732).
Pertanyaan yang langsung sampai kebenak orang adalah apakah
sesungguhnya dosa-dosa Muhammad itu sehingga mengharuskan dia minta
ampun begitu banyak? Dan apakah tidak kapok-kapoknya Muhammad berbuat
dosa sehingga mengharuskan dia minta ampun setiap hari sebegitu-gitu lagi?
Apakah dia tidak maksum sebagai nabi Allah, alias
“kebal” dari dosa? ATAU jangan-jangan doanya kepada Allah SWT memang
tidak sampai kepada alamatnya, sehingga ia was-was merasa dikejar
guilty-feeling (perasaan berdosa) lalu mengulang-ulang doa yang itu-itu lagi
kepada
Allahnya setiap hari? Teman Muslim mungkin menertawakan kemungkinan
terakhir ini. Namun justru itulah agaknya kemungkinan yang paling masuk
akal! No way, How come?
KOMENTAR KITA:
Kesan kita sangat absah bahwa apa yang didoakan oleh Muhammad dulu — dan
 kini Muslim—tidak sampai kepada alamatnya! Bukan semata-mata karena isi
 doanya tidak diridhoi Allah, tetapi justru karena jalur dan vehicle
(kendaraan) yang menyampaikannya itu tidak absah!
Diseluruh kisah para nabi dalam kitab-kitab suci sebelum Al-Quran,
Tuhan Elohim selalu berfirman langsung kepada setiap mereka, dan
sebaliknya mereka berbicara atau bertanya balik langsung kepada Tuhannya tanpa
batasan apapun, seperti layaknya dalam hubungan anak dengan
Bapanya. Hanya kepada Muhammad seorang – yang mengklaim “nabi terbesar
dan terakhir” – ditetapkan batasan batasan Allah SWT, yang hanya
memperkenankan Muhammad untuk berkomunikasi kepada Nya dengan dua
syarat. Satu, komunikasi tidak langsung, alias lewat ruh Jibril. Dan
dua, komunikasi satu arah, ala dikte, tidak ada dialog balik atau tanya
jawab!
Nah, jikalau Allah SWT tidak berkenan untuk berkonunikasi langsung
dengan Nabi-Nya yang satu ini, maka dimanakah AKSES bagi Muhammad dan
para pengikutnya untuk BERDOA LANGSUNG KEPADA ALLAH? Dan jikalau Allah
SWT tidak menerima komunikasi timbal-balik kecuali pendikte-an kebawah,
maka bagaimana Dia akan “menerima” doa yang kini disampaikan para Muslim balik
keatas ? Dimanapun, aturan dan jalur komunikasi adalah
“timbal-balik” menurut apa yang ditetapkan dan dicontohkan dari
otoritas-atas kebawah. Dan jikalau Muhammad (dan kini Muslim) ingin
berkomunikasi dengan Allah SWT, maka dia tidak bisa nyelonong langsung
kealamat atas tanpa melewati jalur Jibril pula! Hubungan Muslim dengan
Allah SWT dalam Islam adalah hubungan budak dengan sang Tuan, ada
batasan batasan yang menyekat, bukan hubungan anak dengan sang Bapa
dalam kasih anugerah-Nya seperti yang difirmankan-Nya dalam Alkitab.
Tidak heran kenapa doa Muhammad disaat yang walau paling kritis dan
memilukan, namun beliau tidak tampak “dihiraukan” oleh Allah-nya. Saat
saat terakhir, Muhammad mengajukan dua doa permintaan kepada Allah SWT
diujung akhir nafasnya:
“Wahai Tuhan! Ampunilah saya! Kasihanilah saya,
dan hubungkan saya dengan Teman Yang Maha Tinggi”.
(Shahih Bukhari no.1573).
Namun dia ditinggal sendiri dengan doanya yang kosong… tidak ada
Jibril disitu … tidak ada hadhirat Allah yang hadir … tidak pula
dihubungkan dengan satu sosok Teman Yang Maha Tinggi yang dimintakannya.
Tragis… Dan jikalau Anda menyelidikinya dengan seksama, kemungkinan
besar sosok yang dia maksudkan itu adalah Isa Al-Masih yang ada disisi
Tuhan, sosok Yang Terkemuka di Alam Akhirat (dan dialam dunia), menurut
Surat 3:45 ! Bukankah Muhammad tahu persis bahwa Isa Al-Masih lah yang
akan menjadi TANDA dan SAKSI bagi hari KIAMAT, ahlul dan pemegang mandat alam
akhirat. Maka Muhammad juga buru-buru berkata: “Saya yang lebih
dekat dengan Isa anak Maryam didunia dan diakhirat”. (Bukhari no.1501).
Namun hubungan paling dekat ini tidak terwujud.
Nabi besar ini telah berjuang hebat disepanjang hidupnya. Dia menemukan
keberhasilan besar didunia, namun terlambat menemukan jalan dan jalur yang
hakiki keakhirat, yaitu Sang Jalan untuk sampai kepada alamatnya yang ASALI!
Sebab Isa al_Masih berkata:
“Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang
kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku” (Yohanes 14:6). Andaikata Muhammad
memakai jalur yang benar, jalur syafatnya Isa al-Masih yang otoritatif, maka
ceritanya akan berlainan diakhirat. Lihat seorang penyamun yang
disalibkan disamping Yesus. Sang penjahat ini menyesal dan minta
langsung kepada Yesus, agar dirinya dihubungkan, dengan berkata:
“Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja.”
Kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya
hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus.”
(Lukas 23:42-43).

        * 1000 KESALAHAN QURAN
        * 30 Days International
        * A Pocket Guide to Islam