gw gak perlu ladenin lo, terutama jijik
tapi gw masih bersedia kasih info terutama hal di bawah ini.

korupsi? tidak.

investasi dari vietnam? kedatangan mereka bukan karena ide
atau undangan gw, tapi mengarah kepada g to g (semoga paham).
dan setelah gw pelajari, ternyata mereka punya maksud lain.
antara lain, ada maksud "barter" (secara politis maupun
ekonomis) terutama terkait tahanan awak kapal vietnam berikut
sekitar 37 kapal ikan vietnam yg sudah kutangkap selama ini.

secara politis, rekomendasi gw adalah : itu adalah kewenangan
pusat terutama soal imigrasi (ekstradisi), bukan kalbar. namun
secara kapal ikan yg telah ditangkap, sewajarnya menjadi sitaan
daerah jika mereka gak mampu menyelesaikan secara hukum maupun
administrasi (denda). rekomendasiku : sita kapal mereka bagi
daerah, lalu hibahkan secara gratis bagi nelayan atau dibuat
puskesmas terapung bagi masyarakat, atau tenggelamkan bahkan
dijadikan sasaran tembak bagi angkatan laut untuk latihan.

secara ekonomis, mereka wajib mematuhi perundangan indonesia
sekaligus dibebankan denda seberatnya karena mencuri. atau
disita sbg aset negara yg kemudian dihibahkan kepada daerah
untuk selanjutnya secara gratis dimanfaatkan oleh masyarakat
dan berlaku seperti rekomendasiku di atas sebelumnya.

rekomendasi terakhir, hendaknya rencana investasi tsb tidak
disangkut pautkan dgn kondisi tangkapan nelayan maupun kapal
ikan di atas, atau semua rencana dan kerjasama dibatalkan.

lalu point terakhir anda mengenai bedebah dan tuduhan
korupsi berjemaah? sori jika saya gak tersinggung : tidak.

jelas?
sori lagi jika saya baru bisa membaca dan menanggapi lagi
setelah seminggu (atau lebih) ke depan. saya sibuk kerja.