Cuma gara-gara tsunami dapet duit banyak?
Dari mana? Ada buktinya? Atau itu cuma hayalan
si pemalas miskin yang hobi jual diri?

Daerah otonomi khusus (Aceh & Papua) sama-sama
dapat 2% dari dana alokasi umum (DAU) nasional
atau sekitar 4 triliun per tahun. Dalam
perjalanan sejauh ini, 28 triliun dana otsus di
Papua amblas tak berbekas. Kebanyakan terbukti
masuk ke rekening pribadi penguasa lokal.
Sedangkan di Aceh, secara umum setidaknya anak-
anak eks anggota GAM sudah bisa menikmati
sekolah dan orangtua mereka bisa menjalankan
usaha dengan tenang.

Yang perlu disadari adalah, otonomi khusus ini
merupakan buah dari tekanan pihak luar (terus
terang saja: Inggris dibantu Australia dan
didukung Amerika) setelah gagal mengacak-acak
Ambon sebagai efek domino Timtim.

Isu utama otsus ini, juga otda lainnya, adalah
menggerogoti keuangan Indonesia untuk melanjutkan
pembangunan nasional. Sebuah taktik usang Inggris
yang juga diterapkan dalam membangun Hong Kong
internasional airport menjelang dikembalikannya
Hong Kong ke Cina. Di Indonesia sudah terbukti,
pilkada jadi pesta kemandekan nasional.

Itu sebabnya pemerintahan Gus Dur sibuk kampanyekan
'Indonesia utuh' ke seluruh dunia, dan pemerintahan
Megawati mengakomodir tuntutan kaum nasionalis untuk
"membelokkan" dana otsus sebagai sarana meredam
separatisme di kedua daerah. Di Aceh kita bisa saksikan
sendiri bagaimana anggota GAM bisa menjadi gubernur.
Sedangkan di Papua masih tetap sontoloyo.

Kalo nggak percaya, coba sesekali copot pala lu
dari selangkangan trus pergi ke Aceh. Tanya siapa
gubernur di sana.