Sebenarnya didalam kitab Tao Te Ching Laotzu tidak pernah menyebut tuhan secara
spesifik, tetapi baginda yang mulia nabi laotzu selalu menyebut dengan kata
Tao, tetapi karena di lain tempat Laotzu juga menulis bahwa sebelum segala
sesutu ada Tao sudah ada, maka oleh para komentator kata Tao sering di
identikan dengan tuhan dalam bahasa agama samawi. saya kutip pasal pertama dari
kitab Tao Te Ching edisi Inggris, terjemahan oleh Gia Fu Feng and jane sbb :

The Tao that can be told is not the eternal Tao
The Name that can be named is not the eternal name.

atau dari pasal 32 sbb:
The Tao is forever undefined

Saya rasa itulah yang membawa para pembaca kepada kesimpulan bahwa Tao (tuhan)
yang diberi nama bukanlah tuhan yang sebenarnya.

Tetapi tentang Kerajaan langit dan dewa dewanya ini berasal dari kebudayaan
orang cina. mungkin orang cina jaman dulu kebingungan untuk memberi nama
terhadap yang paling tinggi. ketika dia menatap keatas, dia mendapati langit
atau Thian yang paling tinggi, namun dia percaya masih ada yang lebih tinggi
dari langit yaitu eyangnya atao engkong nya langit. maka dia memberi nama yang
tertinggi dengan sebutan Thiankong (engkongnya langit), atau sering disingkat
dengan Thian saja.

Dewa2 tsb sudah ada jauh sebelom Laotzu lahir (sekitar 600 tahun SM). Disini
saya sering minta sampeyan membandingkan antara Kerajaan langit versi China
dengan Kerajaan langit versi Islam (Tuhan dan mailaikatnya), apakah ada
kemiripan?, menurut saya ada kemiripan. lalu timbul pertanyaan apakah Tuhan dan
mailaktnya juga berasal dari kebudayaan pra Islam? feeling saya mengatakan
demikian, meskipun belum punya cukup argumen.

Rahayu