--- In proletar@yahoogroups.com, "Teddy S." <teddyr@...> wrote:
>Ini berbeda dengan bahasa Melayu yang perbendaharaan katanya
>banyak yang sama dengan bahasa Indonesia, tapi cara pengucapannya >cukup
>berbeda.

Oh ! Diluar persamaan bahasa, gak tau ya, yg jelas bahasa
negara-negara ASEAN itu tidak moderen dan tak enak untuk
didengar.

Si Helen bilang, kalo saya ngomong pake bhs Indonesia, ke-
dengarannya merdu, tapi dia bilang kalo orang Solo ngomong
pake bhs Indonesia, tidak semerdu spt yg keluar dari kerong-
kongnan saya. Helen punya tanggapan spt itu...spt denger
lagu-lagu sunda kalo saya ngomong.

Balik keasal, kebanyakan bahasa negara² ASEAN itu tak merdu
untuk didengar, juga tak moderen utk ditulis. Ambil contoh:
Orang Kambodja ngomong pake bahasanya seperti aer ujan yang
jatuh ke ember bolong. Tulisan mirip toge acak adut.

Yang paling busuk utk didengar ya itu bahasa Vietnam, tak ke-
tinggalan bahasa Thai. Salah satu bahasa paling busuk utk
didengar. Sedangkan orang Filipina dg bahasa Tagalog, itu
ibaratnya orang Makasar lagi keselek biji buah salak, sedangkan
orang Solo lagi berbicara bahasa Indonesia itu yaaa bledak-
bleduk bak karbit.

Idealnya sih ASEAN itu menggunakan bahasa Inggris sbg bahasa
internasional, kagak usah repot-repot lagi dah. Praktis.