kemaren, sambil lunch (pake sendok dan garpu tentunya), ngobrol sama
temen orang jerman, seorang Ph D dlm bidang rekayasa genetika,
 yg baru tiba di indo.

lalu kita ngomong2 soal minuman, mulai dari teh sampe kopi luwak.
waktu dia tau saya baru aja balik dari jerman, dia bilang kalo
datengnya sekitar agustus saya bisa melihat festival bir di
hampir seluruh tanah jerman.
saya bilang saya ngga perlu nunggu agustus, dalam satu malam juga
saya udah liat "festival bir", di mana 1/3 anak2 muda yg nongkrong di depan
hotel saya pada nenteng sedikitnya 1-6 botol bir di tangannya.
dia ketawa ngakak "that's true!", katanya.

lalu dia cerita kenapa orang jerman begitu demen minum bir.
ternyata awal ceritanya itu, duluuu, orang eropa ngga tau cara
melakukan sterilisasi air "ber rasa" yg efektif.
lalu mereka membuat campuran fermentasi gandum, yg ternyata
kandungan alkoholnya membuat air hasil fermentasi tsb. jadi steril.
jadilah bir sebagai minuman se hari2 orang bule.
lalu dia bilang lagi "ternyata orang asia jauh lebih cerdas,
mereka cukup memasak air sampe mendidih".
tapi karena air tawar membosankan, mulailah orang2 asia itu
mencampurkan macem2 daun2an, dan ketemulah satu daun yg
cocok buat jadi perasa: daun teh.

sebuah pengakuan yg jujur dari seorang bule, untuk menunjukkan
bahwa mereka dulunya "o'on" juga.
obrolan diakhiri dengan janji saya nganter dia ke jalan abc,
ke sebuah toko khusus jualan kopi, namanya "aroma".
toko kopi paling legendaris.

kalo ditanya hal apa yg bikin saya males ke eropa,
jawaban pertama adalah: cebok pake kertas.
ampun deh, koq bule2 itu ngga ngerasa wegah pantatnya
belepotan tai ya.
karena sebanyak apapun kertas tisu yg dipake, rasanya tetep
akan meninggalkan noda di celana dalam, atau minimal
bau tai yg ngga ilang2.
jadi tiap ke eropa saya selalu bawa tisu basah.
selain itu, penggunaan tisu jelas lebih 'costly' daripada air.

saya curiga, orang2 eropa itu masih belum tau cara cebok
yg paling bersih dan higienis.
mereka masih menganggap kertas adalah alat terbaik buat ngelap tai.

bukan cuman sterilisasi air, bahkan soal cebok pun, mereka harus belajar lagi
sama orang asia.