Saat dulu saya melakukan survai bersama dengan kelompok Kanada dan Jepang,
urutan daerah yang paling berkembang 4 besarnya adalah persis seperti yang
disebutkan, yaitu DKI Jakarta, Jatim, Jabar dan Jateng.

Teman seangkatan saya sebelum menduduki posisi tinggi pada salah satu BUMN dia
ditempatkan pada beberapa wilayah diluar empat besar tersebut dan secara khusus
dia sangat menyukai keadaan di Kalbar dan kurang menyukai Sulsel. Jadi walaupun
amat sangat terlambat, tapi daerah-daerah sudah mulai berkembang. Sekarang
masalahnya siapkah sudah para pemimpin daerah hingga tidak bakalan terjadi
kucuran dana yang besar malahan langsung dikorup oleh pejabat lokal? Yang salah
tentunya adalah Pemerintah Pusat karena kurangnya kontrol atau malahan adanya
oknum yang melakukan kolusi untuk bersama-sama menelan dana tersebut.
Di Indonesia semua harus kebagian rezeki dari atas sampai ke bawah, sesuai
dengan azas pemerataan.

BTW, saya ada teman yang asal Papua Nugini dan masih punya usaha di sana
walaupun dia sudah pensiun di Sydney. Dia bilang dia sangat suka dengan keadaan
di Papua Nugini di mana kebanyakan orang menghabiskan semua pendapatan bulanan
mereka dalam sehari saat mana mereka mendapat gaji.