From: "Bukan Pedanda" <bukan.peda...@yahoo.com>
Sender: proletar@yahoogroups.com
Date: Thu, 08 Dec 2011 13:39:37
To: <proletar@yahoogroups.com>
Subject: [proletar] Re: Menteri di negeri Belanda juga naik sepeda..

Ada lelucon yang diceritakan oleh teman saya orang Portugis yang saya kenal
ketika kami sama-sama aktif mendukung gerakan Timor Leste dulu..

Orang Belanda yang kaya dan perlu rumah besar akan membangun rumah yang lebih
besar dari rumah yang biasanya kecil-kecil di negeri Belanda. Tapi didepan
rumah itu biasanya ditanam pepohonan agar TIDAK kelihatan bahwa rumahnya lebih
besar dari rumah-rumah yang lain..

Orang Portugis, katanya pula, kalau dia ada uang akan membangun rumah besar
maka rumahitu akan dibangunnya diatas bukit agar tiap orang bisa melihatnya...

Kembali ke politisi Belanda, seperti anggota Parlemen.

Banyak diantara mereka yang datang ke Den Haag dengan kereta api dan dari
stasiun Den Haag Centraal mereka jalan kaki ke gedung Tweede Kamer yang memang
cuma kira-kira satu km jaraknya.

Dan betul, disamping itu orang Belanda biasanya juga amat irit.

Hingga sekarang, dizaman segala-galanya main buang ini, masih banyak orang
Belanda yang menulis daftar barang yang akan dibelinya di supermarket
dibelakang amlop bank yang tiap sekali atau dua kali sebulan mengirim bank
statementnya.

Dan dibanyak kota juga tetap saja ada toko pakaian bekas, sepeda bekas dll.

Kembali ke fasilitas anggota Parlemen.

Saya juga masih ingat, ketika saya giat dulu mendukung gerekan demokrasi diu
Indonesia, Poncke Prinsen dan saya antara lain berkunjung ke Finlandia dan
menemui beberapa menteri dan anggota Parlemen di Helsinki.

Digedung Parlemen kami antara lain diterima oleh seorang anggota Parlemen
perempuan yang membawa bayinya yang belum berumur satu tahun ke kantor.

Yang namanya babu buat jaga anak nggak ada disana.

Saya tambahkan: ada yang susah bisa dibayangkan orang di Indonesia, yaitu
perasaan nyaman dan aman rata-rata penduduk Belanda (dan negeri Skandinavia
serta beberapa negeri Eropa lain) dengan penghasilan yang mencukupi (di negeri
Belanda boleh dibilang tidak ada orang yang berpenghasilan dibawah 1,200 euro
perbulan kecuali gelandangan yang menerima 700 euro ditambah berbagai subsidi
dan beberapa kasus yang lolos dari safety net sosial) dan jaminan kesehatan
yang begitu bagus dan berkwalitas tinggi...

Keperluan untuk pamer kekayaan juga nggak ada, karena semua orang juga
berkecukupan...