--- Sutan Sinaro <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Wa'alaikum salam.w.w.

> ........ mudo baru tu... dik rahima..

Kalau boleh saya tahu saya mestinya panggil apa sama
mak Sutan,saya ngak tahu umur mak Sutan berapa ( tapi
kalau ngak di kasih tahu umur,jujur,ngak apa-apa bagi
saya.

Dan dari segi postingan-postingan mak Sutan,saya dapat
mengagak saja.Mungkin seumuran mak Darul,atau bahkan
lebih tua dari mak Darul,karena postingan orang yang
berilmu dan tahu banyak Al Qur'an,dan sepertinya,mak
Sutan  ulama juga.

> khalik,hampir
> setiap malam,
>
> .... inilah yang jarang-jarang dapat dilakukan
> orang..
>      saya sungguh kagum. Sebab saya sendiri hanya
> sebulan sekali,
> itupun kadang-kadang lupa.

Mak Sutan,mungkin karena saya wanita juga kali,jadi
suka menangis,dan perasaan saya sangat halus ( sangat
sensitif ),kalau lelaki kan memang jarang menangis.

Jangankan baca Al Qur'an,baca postingan-postingan yang
menyentuh hati saya aja saya suka
merinding,menangis,dan suka bertambah keimanan
saya.Seperti postingan mak Sutan,juga mak Lembang Alam
( mirip sekali gaya tulisannya ),juga postingan yang
di postingkan oleh Da Junaidi kemaren ttg wanita
shalihah,sempat berguncang dada dan hati saya.

Juga saya sempat mengeluarkan air mata,saat membaca
cerita da Adrisman,bagaimana jahatnya seorang anak
yang tidak mau mengurus ortunya,saya jadi ingat ibu
saya.tapi syukurnya saya memang tidak seperti wanita
jahat yang di ceritakan da Ad itu.

> yang kita miliki di dunia ini.
>
> ..Kok jawaban dik rahima, mengena semua,....
>   "Wa laa tamsyii fil ardhi mar rahaa..."
>   Dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan
> sombong,

Kadang saya berfikir,apa sih yang kita sombongkan dan
banggakan dari hidup ini,toh bukankah Allah sudah
bilang," Minha khalaqnaakum,waminhaa...dst ",dari
tanah Kami ciptakan kamu,di atas tanah dan dari tanah
kita hidup,serta pada akhirnya kita kembali bersatu
dengan tanah,tatkala mati kelak , ",Ngak ada yang
dapat di banggakan kan Mak,...

Kecantikan,ketampanan,...? Toh kita akan tua,dan muka
bisa peyot.

Jabatan..? Saat memegang jabatan saja orang
memuja-muji kita,kalau sudah tua ,pensiun,..orang pada
lari dari kita.

Kekayaan,..?,semua harta itu pada dasarnya milik Allah
semata,kita hanya hak pakai dan meminjam belaka.Bahkan
kalau kita tidak pandai-pandai mempergunakan dan
memakai harta kekayaan kita di jalan Allah,bisa-bisa
harta itu jadi musuh kita kelak.Tetapi kalau kekayaan
yang kita miliki di pakai sesuai dengan
perintahNya,InsyaAllah juga,harta akan membawa
kebahagiaan dunia akhirat.

Tapi ini sangat jarang di sadari oleh kita manusia
ini,karena sering terjadi manusia lebih mencintai
harta,pangkat,jabatan dan dunia ketimbang memikir itu
hanyalah kesenangan sementara.Alhamdulillah sejak dari
kecil,sampai setelah menikah,entahlah mungkin rahmat
Allah jua kali pada saya,soal kekayaan harta itu,saya
sudah puas merasakannya.

Bayangin aja,jangankan masak di kayu,di kompor aja
saya ngak bisa,saya hanya bisa masak pakai gas
,bukankah ini pertanda,Allah berikan saya melalui ortu
dan suami suatu kelebihan bila di banding masyarakat
miskin lainnya.Tapi apakah ini kecukupan ini saya
banggakan dan sombongkan tanpa mengingat dan membantu
faqir miskin,..dan menjadikan saya lupa,bahwa pada
harta kekayaan kita tersebut,ada milik orang lain
disana,yang harus kita tunaikan,yaitu sedeqah dan
zakat kita.

Begitupun hasil kerja profesi kita,ada harta faqir
miskin disana.Dan saya kira semua kita harus menyadari
semua ini,agar kelak,harta kita itu menjadi berkah dan
tidak menjadi musuh yang akan melaknat dan
mencemplungkan kita ke neraka sana ( naudzubillhi
mindzalik ).

> ... sungguh saya kagum, mudah-mudahan Allah tetap
> menganugerahkan
>     kerendahan hati untukmu, dan membalasnya dengan
> berlipat ganda.

Amin yrbl,dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan
menjaga saya,karena bagaimanapun syetan berkeliaran
dimana dan kapan saja,semakin tinggi iman
seseorang,maka syetannyapun tingkatan sarjana pula
yang di kirimkan kepadanya.( hehehe..ada syetan
tingkat TK,SD,SMP,SLTA,S1,S2,S3 dan Es Teller )

>  .. eh kalau hitung-hitungan saya, masih mudo matah
> kok dik...

Sudah tua bagi saya itu mak Sutan,karena sudah diatas
30 tahun,berarti sudah setengah umur, perhitungan umur
manusia menurut Hadist Rasulullah,sekitar 60 tahunan (
hehehe,.tapi merasa muda juga ngak papa,biar kelihatan
lebih muda lagi )

>     Bisa baranak limo lai untuk melahirkan
> pejuang-pejuang agama
>     Allah ini.

Bahkan bisa-bisa nambah lagi nih,...( soalnya lagi
banyak kepingin pucuk daun singkong dan jambu
muda,.hehehehe.. )

> semakin
> menambah ilmu bagi saya.
>
> .. he he he, syukur alhamdulillah, saya urang lapau
> nyo diak...
>   ilimu tu dari danga ka danga tunyo....
>   bak kecek urang tukang ota, atau urang nan
> mandangakan ota... maota.

Tapi kan tetap memberikan ilmu juga itu Mak Sutan
,darimanapun sumber ilmu itu,semua ilmu kita kan
sumbernya cuman satu,hanya dari Allah saja,cuman jalan
mendapatkannya aja yang berbeda-beda ,bagi saya sangat
berguna sekali.

>   Dan banyak keterangan dik rahima yang tak mungkin
> ambo komentari
> satu persatu. Tapi semua jawaban dik Rahima, mengena
> dihati.
>
> Saya sungguh kagum, dan sekali lagi sungguh
> beruntung suamimu dik.
> Saya yakin dan Insya Allah, bila sampai akhir
> hayatmu kau tetap seperti ini,

Inilah yang saya sangat takutkan sekali,itu sebabnya
pun saya juga sangat berharap pada semua baik dimana
saja,tua ataupun muda ,agar jangan bosan-bosan pula
memberikan nasehat dan wejangan yang bermanfaat  pada
saya,melalui postingan bermanfaat dan menyentuh hati
,menambah keimanan ,ilmu dan sebagainya ,agar hati
saya selalu ingat Allah semata.Sekali lagi Syetan itu
amat licik dan ada dimana saja,ia sangat tahu letak
kelemahan manusia.

> Insya Allah engkau adalah wanita sorga (Insya
> Allah),

Amin ya Rabbal alamin,..doa dan gelaran ini pernah
saya dengar dan terima juga selama 4 tahun saya berada
di pesantren Din Put ,hampir semua orang ,baik
guru,teman, adik kelas,kakak kelas,pegawai setempat
sana,mengatakan saya " Ahli Syorga ",perkataan ini
sangat saya takuti sekali,kalau-kalau membuat diri
saya jadi lupa diri ,dan sombong ,naudzubillahi
mindzalik.Sungguh !! Saya sangat takut sekali.Dan
sekarang saya mendengar ini lagi,dari mak
Sutan,mengingatkan saya di pesantren dulu.Moga-moga
Allah selalu melindungi saya.

Ada dua hal yang belum terjadi pada saya,tetapi orang
sudah banyak meramal dan mengatakannya pada saya yaitu
: " Saya kelak menjadi orang besar ", " Dan " Kelak
penghuni syorga ".Saya mendengar ini justru
ngeri,takut sekali.

Nenek saya,dulu pernah sewaktu saya kecil,tanpa saya
ketahui,melihat telapak tangan saya,begitupun ada
seorang  peramal,setelah lihat tangan saya,bilangnya
sama persis " Kamu nantik jadi orang besar dan
terkenal,kalau jadi orang besar,ingat-ingat saya ",(
jujur,saya ngak berani percaya dengan ramalan-ramalan
seperti ini,takut jatuh kepada Syirik,karena yang tahu
kondisi kita kelak hanya Allah semata.

Dan tanpa disadari,ada beberapa netter di surau dan
RN,mengatakan hal semirip,hanya kata-katanya saja yang
beda,satu bilang saya akan jadi orang besar,sementara
sebagian RN mengatakan saya jadi ulama kelak.Anehnya
koq diri saya sendiri,semakin di gitukan orang,semakin
takut,ngeri dan rasanya ingin sekali
uzlah,mengasingkan diri.

Sudah sering saya ingin unsubscribe dari miling
list,dan tidak menulis2 lagi,saking takutnya saya akan
semua itu,tapi selalu ada saja hal-hal yang membuat
saya ngak tahan untuk menulis lagi,kadang harus
membalas diskusi ,kadang saya kangen,ingin
bercanda,macam-macam saja yang membuat nama saya di
miling list ini ngak habis-habisnya,padahal niat ingin
uzlah itu selalu ada,karena kekhawatiran diri inilah.

Pada dasarnya saya sangat takut sekali,lupa
diri,sombong,riya,dan penyakit hati lainnya,yang kalau
tidak selalu hati-hati,bisa-bisa saya salah,tanpa saya
sadari.Hanya satu saja pinta saya pada Allah,semoga
Allah selalu melindungi saya.

> Rasulullah mengatakan, "sesungguhnya bau harum
> wanita sorga itu,
> tercium dari jarak 500 tahun perjalanan (cahaya). "
> Dalam hadits lain, kalau seandainya bau harum wanita
> sorga itu disampaikan
> pada muka bumi ini, maka semua manusia yang
> menciumnya, pingsan dan
> mati karena nikmatnya.
>
> Dan jangan berhenti sampai di sini dik, karena
> perjuangan Islam itu tak pernah
> habis sampai hari kiamat.

InsyaAllah saya akan berjuang demi Islam,sampai titik
nafas saya yang penghabisan,saya yakin In
tansurullah,yansurkum...dst " Jika kamu menolong agama
Allah,Allah akan menolong kamu dan menetapkan
pendirianmu. " ( Al Qur'an ).Dan perjuangan saya ini
tentu atas dorongan dan bantuan dari semua pihak
juga,mana bisa saya jalan sendiri di permukaan bumi
ini.

  Di sinilah kita
> menempatkan diri kita, di sinilah
> seharusnya setiap orang yang mengaku dirinya Islam
> menempatkan diri.
> Agar nanti dapat menjawab pertanyaan Allah swt.
> kemana umurmu kau habiskan ?.

Terimakasih atas segala nasehat-nasehatnya mak
Sutan,dan ini akan saya tanamkan dan amalkan dalam
kehidupan saya sehari-hari.Amin yrbl.