From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]]
Sent: Saturday, January 03, 2004 1:13 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [EMAIL PROTECTED] Hati2 jus mengkudu

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Alhamdulilah saya baik dan sehat, saat ini berada di Singapura
menjadi dosen tamu di NUS Singapura selama 2 bulan.
Mengenai bunyi yang keluar dari minuman bersoda (carbonated
beverages) tentu saja berbeda dengan minuman hasil fermentasi.
Minuman bersoda sepanjang terbuat dari barang-barang yang halal
statusnya halal, bunyi yang keluar pada waktu dibuka akibat
adanya gas karbondioksida yang keluar dari minuman. Yang
diperbicangkan adalah bagaimana melihat ciri-ciri minuman jus
mengkudu yang sudah mengalami fermentasi alkohol, diantaranya
dengan memperhatikan bunyi pada waktu botolnya dibuka, dan ini
tentu saja tidak termasuk minuman bersoda.
Mengenai tape masih ada dua pendapat, pendapat pertama
mengatakan tape halal tanpa dibedakan tape jenis apa dan dalam
kondisi bagaimana.  Pendapat kedua tidak semua tape halal, tape
ketan yang sudah membentuk cairan harus dihindari karena sudah
bersifat memabukkan karena kadar alkoholnya sudah lebih dari
3%.  Tape yang masih dianggap halal adalah tape singkong yang
tidak membentuk cairan (peuyeum Bandung).  Saya setuju pendapat
ayng kedua.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Anton