Assalamu'alaikum wr. wb.

Maaf sekedar menambahkan

Memang benar adanya keterangan hadis yang memperjelas / mempertegas bahwa
bulan pernah terbelah yang merupakan salah satu mu'jizat Nabi Muhammad SAW
yang diberikan Allah SWT kepda Rasulullah SAW yang mana ketika itu
orang-orang musyrikin minta yang aneh-aneh ke Rasulullah SAW kalau Nabi
Muhammad SAW benar benar Rasulullah mereka minta supaya  bulan itu dibelah
dua, setelah dilakukannya atas izin Allah SWT setelah beliau berdoa
kepadaNya orang-orang muysrik ketika itu menyatakan bahwa Muhammad SAW itu
tukang sihir seperti dalam FirmanNya di Surat Alqomar ayat 1-3.

"Telah dekat (datangnya) saat itu dan telah terbelah bulan. (1) Dan jika
mereka (orang-orang musyrikin) melihat sesuatu tanda (mu`jizat), mereka
berpaling dan berkata: "(Ini adalah) sihir yang terus menerus".(2) Dan
mereka mendustakan (Nabi) dan mengikuti hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap
urusan telah ada ketetapannya. (3)

Allah SWT menyatakan bahwa Hari Kiamat hampir datang, pada waktu kehidupan
dunia akan berakhir. Dalam ayat lain yang bersamaan maksudnya ialah Allah
berfirman:

ØØÙ ØÙØ ØÙÙÙ ÙÙØ ØØØØØÙÙÙ
Artinya:
Telah pasti datangnya ketetapan Allah maka janganlah kamu meminta agar
disegerakan (datangnya).
(Q.S. An Nahl: 1)
dan Allah berfirman pula:

ØÙØØØ ÙÙÙØØ ØØØØÙÙ ÙÙÙ ÙÙ ØÙÙØ ÙØØØÙÙ
Artinya:
Telah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang
mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).
(Q.S. Al-Anbiya': 1)
Pada waktu itu bulan akan pecah bercerai-berai akibat penyimpangan dari
peredarannya, sebagaimana diutarakan dalam ayat-ayat yang lain yang
bersamaan maksudnya:

ØØØ ØÙØÙØØ ØÙØÙØ
Artinya:
Apabila langit terbelah.
dan firman Nya:

ØØØ ØÙØÙØ ÙÙØØ ÙØØØ ØÙÙØÙÙ ØÙÙØØØ
Artinya:
Apabila matahari digulung dan apabila bintang-bintang itu berjatuhan.
(Q.S. At Takwir: 1, 2)

Banyak lagi ayat-ayat lainnya yang menunjukkan kejadian-kejadian yang sangat
dahsyat yang akan terjadi ketika kehancuran alam ini dengan tibanya Hari
Kiamat.
Kebanyakan para ahli tafsir berpendapat bahwa kejadian yang tersebut pada
ayat pertama telah terjadi dan bulan telah terbelah dua pada masa Nabi
Muhammad saw, lima tahun sebelum beliau hijrah. Menurut hadis yang
diriwayatkan Bukhari, Muslim dan Ibnu Jarir dari Anas bin Malik bahwa
penduduk Mekah meminta kepada Nabi Muhammad saw, agar mengemukakan suatu
mukjizat sebagai bukti kerasulannya maka Allah memperlihatkan kepada mereka
bulan terbelah dua, sehingga mereka melihat "Jabal Nur" berada di antara dua
belahan bulan tersebut. Diriwayatkan pula dari sahih Bukhari, Muslim dan
dari perawi-perawi hadis lainnya dari Ibnu Mas'ud bahwa: "Bulan telah
terbelah pada masa Nabi Muhammad saw, menjadi dua belah, sebelah berada di
atas bukit dan yang lain berada di bawahnya, seraya Nabi Muhammad saw
berseru:
ØØÙØÙØ

Artinya: Saksikanlah!".

Abu Daud dan Tayalisi meriwayatkan pula bahwa: "Telah terjadi pembelahan
bulan pada masa Nabi Muhammad saw, maka orang-orang Quraisy berkata: Ini
adalah sihir anak Abu Kabsyah". Lalu seorang dari mereka berkata: Tunggulah
dahulu berita yang di bawa oleh orang-orang musafir yang tiba karena
Muhammad tak sanggup menyihir semua manusia". Lalu tibalah orang-orang
musafir membawa berita kejadian tersebut. Lalu dalam riwayat Baihaqi
terdapat tambahan. "Lalu mereka bertanya kepada orang-orang musafir yang
berdatangan dari semua penjuru; jawaban mereka: "Sungguh kami telah
melihatnya", lalu Allah menurunkan ayat ini: "Telah dekat (datangnya) saat
itu dan telah terbelah bulan".

Namun sebagian ahli tafsir berpendapat bahwa terbelahnya bulan itu. suatu
peristiwa yang belum terjadi, alasannya ialah:
1. Berita tentang terbelahnya bulan itu ada hubungannya dengan telah
dekatnya Hari Kiamat, jadi peristiwanya belum terjadi;
2. Terbelahnya bulan adalah peristiwa alam;
3. Bila dihubungkan dengan riwayat Huzaifah bin Al-Yamani. maka hadis
tentang terbelahnya bulan perlu dipelajari maksud yang sebenarnya dari hadis
itu.

Perlu kiranya diketahui bahwa mu'jizat Nabi Muhammad SAW itu banyak sekali,
misalnya makanan yang sedikit bisa cukup untuk para sahabatnya yang ribuan
orang, dan dari tangannya bisa memancar air dan dipergunakan untuk
sahabatnya. Dan Mu'jizat yang terbesar Nabi Muhammad SAW itu sendiri adalah
Al Quran itu sendiri yang tidak habis habisnya dikaji oleh ummat manusia
mulai yang berpikiran sangat sederhana sampai yang berpikiran tertinggi
dengan super intelektual yang paling tinggi hingga hari kiamat nanti.

Semoga bermanfaat

Wassalam
Adrisman YT