Assalamu'alaikum wr.wb.

wah wah.......uda Sutan sengit banget nih nampaknya sama mak SBN,
hehe....baa kok saroman itu bana uda...?

berselisih faham, silang pendapat bahkan kalau sampai terjadi debat yang
keras sekalipun biasa saja di milis..., habis topik itu dibahas kemudian
akhirnya semua berlalu pergi dibawa angin. Kita kembali lagi ke aktivitas
kita sehari hari,  dan kita ganti lagi topik yang lain yang lebih menarik.

belajar mengerti apa yang disampaikan orang lain, akan membuka wawasan kita
terhadap pemahaman2 lain dalam islam yang terkadang mungkin luput dari
pengamatan kita selama ini. Begitu banyak sekarang ini orang islam yang
mengaku dirinya paling benar, namun kita jarang sekali meneliti kebenaran
yang mana yang dimaksud..., kalau diambil singkat dan simplenya, ikut qur'an
+ hadits maka kita sudah pasti selamat.

namun sebenarnya begitu banyak hal2 yang detil dan tidak mudah diaplikasikan
dijaman sekarang ini semua contoh2 rasulullah tersebut secara literal, misal
ada hadits yang mengatakan rasulullah pernah sembahyang diatas unta..., maka
analogynya tentu bisa juga kita sembahyang dikendaraan, lantas gimana..,
apakah itu juga berarti kita bisa juga sembahyang sambil menyupir..., kalau
kita tanyakan hal ini kepada para ulama, tentu akan banyak pertentangan dan
pendapat, dengan adanya perbedaan pendapat ini akan memberi kita wawasan dan
pemahaman baru yang mungkin lebih tepat untuk diaplikasikan.

orang orang islam liberal ini tidak perlu dimusuhi atau dilawan dengan
sengit...., apalagi sampai diancam mau dibunuh...( baca perselisihan
mahasiswa dimesir yang berujung dengan ancaman )., malahan kalau mak SBN ini
emang orang islam liberal, mari kita tanya beliau bagaimana pemahaman mereka
terhadap islam dari kaca mata mereka, kalau kita merasa lebih benar, tidak
perlu takut kalau nanti sampai terpengaruh..., malahan ini adalah kesempatan
yang bagus mematahkan argument mereka dengan argument2 lagi. Ini justru akan
memberi pendidikan agama yang dinamis tanpa perlu merasa sedang menggurui
seseorang...selain juga akan membuka wawasan kita dari sudut yang lain.

saya kira perbedaan2 yang ada cuma sampai batas wahana pola fikir, tidak
akan nanti sampai menjadi menjadi terlalu personal atau perpecahan umat.

sekian dulu ya da sutan...., maaf tapaso ambo pakai bahasa melayu, kalau
pakai bahaso awak, takuik salah2 kato pulo beko....

wassalam
Adrisman