Masuk Islam Karena Akhlaq Islami Yang Luhur

Mr. Brown dan istrinya Carolyn sudah lama mendambakan
untuk mendapatkan kulit berbulu indah yang asli. Dalam
perjalanannya ketimur tengah, ketika sampai di Maroco
mereka merasa beruntung karena mendapatkan suatu pasar
yang khusus untuk menjual kulit.

Mereka langsung memasuki salah satu toko kulit itu.

"Saya ingin membeli kulit berbulu yang asli yang nomor
satu" Kata Mr. Brown.

"Apakah anda tahu semua macam kulit? Kata Abu Ahmad
pemilik toko itu.

"Ya saya tahu"

Saya sarankan sebaiknya, anda memanggil ahlinya dulu,
karena sesungguhnya tidak mudah untuk mengetahui mana
kulit yang asli dan bagus, dan mana kulit yang tidak
asli dan tidak bagus".

"Tidak perlu, saya bisa menentukannya sendiri."

Karena Mr. Brown merasa yakin bahwa dia tahu masalah
kulit, maka dia masuk kedalam dan membawa kulit yang
berbulu yang sangat halus.

Setelah dipegangnya dan ditelitinya, MR. Brown
berkata: "Berapa harganya?

"$5000" Jawab Abu Ahmad.

Tanpa ditawar lagi langsung dibayarnya. Kemudian
mereka keluar dengan penuh gembira, kerana apa yang
selama ini didambakannya dan diimpikannya sekarang
telah menjadi kenyataan.

Namun baru melangkah beberapa langkah, tiba-tiba
mendengar panggilan dari belakang. "Sebentar Mr.
Brown" Kata Abu Ahmad "Saya ingin agar kulit itu
tidak jadi dibeli! "

"Kenapa?

"Karena harganya tidak sesuai dengan nilai barangnya.
Itu kulit berbulu yang anda beli harganya hanya
sekitar $500 dollar bukan $5000"

Mr. Brown dan istrinya kaget juga, dan mereka curiga.
"Jangan-jangan Abu Ahmad ini menyesal menjual kulit
yang bagus itu, dan harganya  sebetulnya tiga kali
lipat dari harga yang mereka beli." Kata Carolyn
kepada Mr. Brown.

"Tidak saya tidak mau mengembalikan kulit ini. Saya
sudah setuju dengan kulit ini, dan saya sudah setuju
dengan harga yang anda berikan. Kontrak jual beli
sudah selesai. Saya senang dengan kulit ini."

"Mr. Brown, saya tidak mau mamasukan uang yang haram
kedalam usaha saya.
Agama saya melarang untuk menipu. Dan uang yang
dimakan dari hasil penipuan itu, akan membuat saya
dilemparkan kedalam api neraka."

"Tapi kalau Mr. Brown masih tetap juga ingin kulit
itu, maka saya akan kembalikan sebahagian uang yang
Mr. Brown berikan kepada saya."

Lalu Abu Ahmad meyerahkan uangnya $4500 "Ini uang
anda, saya hanya ingin berniat baik untuk memberikan
pelajaran kepada anda, agar anda selanjutnya
berhati-hati dalam melakukan aktivitas jual beli,
jangan sampai termakan oleh tukang-tukang tipu dan
pemalsu yang setiap saat siap menerkam mangsanya."

Sesudah Mr. Brown menerima uangnya itu, ia masih tetap
saja berdiri ditempat, belum habis kekagumannya
terhadap peribadi penjual kulit itu.

Keduanya saling berpandangan, akhirnya Mr. Brown
berkata kepada istrinya:
"Wahai sayangku! Kulit berbulu yang sangat mahal yang
sudah lama kita cari-cari kini berada ditangan kita.
Namun bersamaan dengan itu  kita benar-benar telah
menemukan malaikat dalam bentuk manusia."

Kemudian Mr. Brown mengalihkan pandangannya ke Abu
Ahmad:

"Sesungguhnya kecintaan saya yang menyala-nyala
terhadap kulit berbulu yang saya beli dari anda kini
mulai luntur dan bahkan sama sekali tidak ada artinya
dibanding kecintaan saya yang timbul secara tiba-tiba
dalam batin saya, yaitu kecintaan untuk mengetahui
rahasia dibalik tabir kejadian yang baru saja menimpa.
Saya sunguh-sungguh ingin tahu rahasia yang mendorong
anda begitu ngotot dan keras kepala untuk
mengembalikan jumlah uang yang besar itu yang anda
terima dari saya dan yang saya serahkan kepada anda
dengan senang hati."

Lalu dengan nada tanang Abu Ahmad menjawab:

"Sebenarnya yang mendorong saya berbuat demikian
adalah agama saya, dan ketakutan saya kepada Allah
SWT. Robb yang baginya tidak ada sesuatupun yang
tersembunyi."

Dibacakan oleh Abu Ahmad dengan penuh khusyu beberapa
ayat Al-Qur'an (dengan artinya), juga beberapa Hadith
dan artinya, yang antara lain:

"Pada hari itu kamu dihadapkan (kepad Tuhanmu),  tiada
sesuatu dari urusanmu yang tersembunyi (bagi Allah).

Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitab
catatanya dari sebelah kanannya, maka dia berkata:
"Ambilah, bacalah kitabku (ini).

Sesungguhnya aku yakin, bahwa sesungguhnya aku akan
menemukan hisab terhadap diriku.

Maka orang itu berada dalam kehidupan yang diridhai
dalam surga yang tinggi.
Buah-buahannya dekat (kepada mereka ikatakan) : "Makan
dan menumlah dengan sedap disebabkan amal yang telah
kamu kerjakan pada hari-hari yang lalu." (

Adapun orang-orang yang diberikan kepadanya kitabnya
dari sebelah kirinya, maka dia berkata: "Wahai
alangkah baiknya kiranya tidak diberikan kepadaku
kitabku (ini).

Dan aku tidak mengetahui apa hisab terhadap diriku

Wahai kiranya kematian mematian itu yang menyelesaikan
segala sesuatu.

Hartaku sekali-kali tidak memberi manfaat padaku.

Telah hilang kekuasaan dariku.

(Allah berfirman): "Peganglah dia lalau belenggulah
tangannya ke lehernya."

Kemudian masukanlah dia kedalam api nereka yang
menyala-nyala.

Kemudian berletihlah dia dengan rantai yang penjaganya
tujuh puluh hasta."

69:18-33

"Dalam jual beli barang harus sesuai dengan mutunya.
Kalau saya menjual kulit berbulu yang buruk dengan
harga yang baik, berarti saya telah melakukan
kecurangan dan penipuan terhadap anda. Pada saat
itulah saya telah mendaftarkan diri sebagai salah satu
sasaran kemurkaan Allah Rabb sekalian alam. Dan
sekaligus saya sudah mengeluarkan diri saya dari
barisan kaum muslimin yang dicintai oleh Allah itu,
seperti yang diperingatkan oleh Nabi Muhammad SAW
dalam sabdanya: "Siapa yang menipu, maka ia bukan dari
golonganku." (HR Ibnu Majah).

Juga beliau bersabda: "Siapa yang menjual barang buruk
dan tidak dijelaskannya, ia senantiasa hidup dalam
murka Allah dan kutukan para Malaikat" (HR Majah)."

"Saya teringat juga dengan sabda Nabi SWA yang diawali
dengan sumpah atas nama Allah, karana beratnya
hukumannya:

"Demi yang jiwa Muhammad ada dalam genggaman
tangan-Nya, sesungguhnya hamba itu akan dilemparkan
(ke api) lantaran sesuap makanan haram yang ada dalam
perutnya, tidak akan diterima amal perbuatannya 40
hari;  Dan bahwa sesungguhnya seorang hamba yang
dagingnya tumbuh dari pencaharian yang haram ( as
suhut), maka api nerakalah yang paling tepat untuk
menyambutnya" (Hr.
AT-Thabrani dalam As-Shahgir).

"Itulah sebabnya saya cepat-cepat mengembalikan beda
harga itu kepada anda dengan iringan terima kasih
banyak atas kesudian anda menerimanya. Tindakan
anda yang demikian telah menolong saya dari api, dan
mengembalikan saya kedalam naungan agama yang lurus."

Mr. Brown dan istrinya tidak bisa mengutarakan rasa
takjubnya terhadap keterangan indah penuh arti dan
sikap terpuji Abu Ahmad itu.

Akhirnya Mr. Brown mananyakan buku-buku apa yang perlu
dia baca untuk mengetahui lebih banyak tentang Islam.
Oleh Abu Ahmad ditunjukannya kepada sebuah toko buku
yang tidak jauh dari tokonya.

Mr.Brown membeli Qur'an, dan beberapa buku Islam,
kemudian pulang ke US dan mulai mempelajari Islam
dengan tekun.

Beberapa tahun kemudian, ketika dia dan isrinya
ditugaskan ke Pelestina mengucapkan dua kalimat
Shahadat dihadapan Mufti Pelastina Al-Haj Amin
Al-Husaini dan Ustaz Ali Rusydi Al-Anani.

Apa yang membuat Mr. Brown dan istrinya untuk
mempelajari Islam kemudian sampai masuk Islam? Tidak
ada lain adalah kerena Akhalq Islami yang dicontohkan
oleh Abu Ahmad.

Oleh karena itu ketika ada seorang sahabat bertanya
kepada Nabi tentang amal-amal apa saja yang akan
membuat seseorang masuk surga, beliau menjawab:
"Taqwa kepada Allah, dan Akhlaq yang baik".

Demikian juga ketika ditanya tentang amal-amal apa
saja yang akan memberatkan timbangan pada hair hisab
nanti, beliau menjawab: "Husnul Khuluq (Akhlaq yang
baik).

Wallahu 'alam

Mohamad Joban

                   Ayat Of The Day:

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan
amal-amal saleh dan merendahkan diri kepada Tuhan
mereka, mereka itu adalah penghuni-penghuni syurga;
mereka kekal di dalamnya."
(Al-Quran, Surat Huud 11:23)