--- In [EMAIL PROTECTED], zul amri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum wr.wb:
>
> Sanak Mul Yth :
>
> Masalah usulan nama Bandara baru Ketaping sudah sampai pada
penyusunan draft usulan , yang telah saya posting beberapa waktu yang
lalu , namun sampai saat ini belum ada tanggapan dari draft
tersebut , apa bisa diteruskan apa tidak ? Karena filenya agak besar
sebaiknya saya jappri saja ke e-mail sanak Mul kalau tidak keberatan
dan mohon dapat dibahas juga dalam pertemuan sanak Mul di Jakarta
pada tanggal 6 nanti . Mohon maaf saya tidak bisa hadir , karena
sedang manaruko ( mempersiapkan lahan baru untuk kegiatan setelah
pensiun ) bulan September bulan dimuko ini .

> Wassalam : zu amry piliang .
>

> Assalamualaikum wr.wb: Dengan hormat disampaikan draft  ( konsep )
proposal usulan nama Bandara baru Ketaping yang diterima dari para
netter dari tanggal 3 April 2004 sampai hari ini tgl 10 April 2004 .
Telah didapatkan 41 nama yang diusulkan oleh 75 orang pengusul ,
karena file terlalu besar maka saya pecah menjadi empat halaman
dengan empat kali posting , mohon dikoreksi dan perbaikan apabila
perlu .Wassalam : zul amry piliang Draft  USULAN NAMA BANDAR
UDARA "KETAPING"DENGAN NAMA NAMA YANG BERNUANSA MINANG

> 1. Pendahuluan :
>  Keberadaan Bandar Udara yang dahulu dipandang hanya sekedar
merupakan tempat naik turunnya pesawat terbang yang terkesan datar ,
tertutup serta jauh dari lingkungannya , kini telah berkembang
menjadi ajang interaksi berbagai pihak dengan kepentingan yang
beraneka ragam , terutama sekali adalah interaksi bisnis dan
pariwisata. Demikian pula dengan Bandar Udara Tabing  yang merupakan
pintu gerbang utama untuk memasuki Sumatera Barat melalui udara
karena tidak memadai lagi akan dipindahkan ke suatu lokasi baru di
nagari Ketapiang dan nantinya diharapkan menjadi sebuah Bandar Udara
Internasional yang dapat diandalkan  di kawasan Sumatera bagian
tengah . Namun ada satu hal yang terlupakan , sampai s aat ini belum
ada upaya dari pihak pemerintah Propinsi Sumatera Barat untuk
memberikan nama terhadap Bandar Udara baru Ketaping tersebut yang
nantinya akan diresmikan pengoperasiannya   dengan nama  yang
berciri  Minangkabau ataupun dengan nama nama tokoh atau pejuang yang
berasal da
>  ri
>  Sumatera Barat  .
>
> Maka dari itu kami dari komunitas warga Minang yang yang biasa
berinteraksi melalui dunia maya atau yang disebut internet dengan
perantaraan website : [EMAIL PROTECTED] , [EMAIL PROTECTED],
[EMAIL PROTECTED]  , mencoba menawarkan ide untuk memberikan
masukan atau usulan nama nama yang akan diabadikan pada Bandar udara
baru tersebut , Respon dari para anggota miling list ( netters )
cukup antusias dan ini terbukti sejak diposting pertama kali tanggal
3 April 2004 tak kurang 41 nama telah didapatkan dari lebih kurang 72
orang pengusul yang berpartisipasi termasuk usulan dari tokoh senior
kita Bpk Mukhtar Naim .

> Pembangunan dan modernisasi memang telah menjadikan segalanya
berubah cepat , Bandar Udara dikawasan manapun akan berkembang sesuai
denyut nadi pertumbuhan perekonomian , pariwisata dan perkembangan
mobilitas masyarakatnya . Dengan pemberian nama Bandar Udara yang
bercirikan Sumatera Barat  secara tak langsung ikut mengharumkan nama
Sumatera Barat di dunia Internasional dan  seluruh dunia penerbangan
akan mengetahuinya , karena nama Bandar Udara bercirikan Sumbar atau
Minang tersebut akan tercantum didalam  AIP ( Airport information
prosedure ) yang dikeluarkan oleh ICAO  (International Civil Aviation
Organisation ) dan ikut mempromosikan Sumatera bara t secara tak
langsung melalui para penerbang .

> 2. Kondisi Saat Ini :
>
>  Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa Bandar Udara Tabing dari
dulu sampai kini masih tetap bernama Bandar Udara Tabing , dilain
pihak sudah banyak Bandar Udara di Propinsi lain telah mengganti nama
Bandar Udaranya dengan nama pahlawan ataupun tokoh yang berasal dari
daerah tersebut , contoh yang terdekat dengan Sumatera Barat adalah
Propinsi Riau yang telah mengganti nama Bandar udaranya dengan nama
Sulthan Syarif Kasim dahulu Simpang Tiga , demikian pula dengan
beberapa Bandar Udara di Propinsi lainnya di Indonesia .

> 3. Kondisi Yang Diharapkan :
>
>  Keberadaan suatu Bandar Udara adalah merupakan pintu gerbang untuk
memasuki suatu daerah melalui udara , sebaiknya dalam memberikan nama
untuk sebuah Bandar Udara bisa mencerminkan  sesuatu yang khas dari
daerah tersebut . Guna  memberikan nama pada Bandar Udara baru
Ketaping telah terhimpun  beberapa usulan nama ( terlampir ) yang
berasal dari usulan para netter untuk bahan masukan . Nama nama
tersebut belum mewakili seluruh masyarakat Sumatera Barat , paling
tidak ini merupakan langkah awal untuk mendapatkan sebuah nama yang
dapat disepakati oleh seluruh warga masyarakat Sumatera Barat
dimanapun berada .

> 4. Keberadaan Bandar Udara Bisa Meningkatkan Pariwisata ;
>

> Salah satu komponen penunjang   pariwisata adalah tersedianya
Bandar Udara yang refresentatif dan bisa menampung penerbangan dengan
pesawat yang lebih besar dan punya jaringan dan akses langsung keluar
negeri . Wilayah Sumatera Barat yang berada dekat dengan negara
tetangga di Asean  seperti Singapura , Thailand , Brunei dan
Malaysia , maka diharapkan dimasa datang Wilayah Sumatera Barat akan
banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara , apalagi kalau diingat
bahwa negara yang disebut terakhir punya kultur dan budaya yang
hampir sama dengan propinsi Sumatera Barat.. Dan pariwisata yang akan
dikembangkan adalah pariwisata budaya , karena Sumatera Barat
terkenal dengan keunikan alam , seni budaya , tata kehidupan
trdisional  dan sistem matr ilineal yang tiada duanya didunia , benar
benar dapat menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang dipolakan
dalam pariwisata budaya dan wisata alam . Selain itu ada kebiasaan
warga minang di rantau untuk setiap hari raya idul fitri selalu p
>  ulang
>  kampung dan ingin bersilaturrahmi dengan saudara saudranya yang
tinggal tinggal dikampung dan tak sedikit pula yang menggunakan jasa
penerbangan untuk pulang kampung ini .

> Dengan keberadaan Bandar Udara baru yang aman , nyaman megah , dan
mudah dicapai megah dan lancar tentunya akan  lebih menggugah rang
rantau untuk pulang kampung . Melihat potensi yang dimiliki ,
pemerintah daerah Propinsi Sumatera Barat punya andil dan kewajiban
moral untuk menjadikan Bandara Ketaping menjadi salah  satu Bandar
Udara andalan sehingga turut membidani dan memberikan nama yang
populer dan mudah diingat yang nantinya ikut mempromosikan wilayah
Sumatera Barat didunia internasional . Untuk itu semua jauh hari
sudah harus  dilakukan  penetapan nama , sosialisasi atas nama Bandar
Udara baru tersebut .

>  5. Bandar Udara Sebagai Pusat Bisnis Baru :
>

>  Dimasa datang Bandar Udara tampaknya memang benar benar akan
berkembang menjadi sebuah lapangan bisnis baru , terutama Bandar
Udara yang berada di kota kota besar serta daerah industri dan
pariwisata . Melihat kecendrungan tersebut tentunya dalam
pengembangan  dan pembangunan Bandar Udara pemerintah telah punya
acuan , tipologi Bandar Udara model apa yang akan dikembangkan di
suatu kawasan , termasuk juga pengembangan dan pembangunan Bandar
Udara Ketaping di Sumatera Barat ini .

>  Beragam jenis dan aktifitas usaha jasa ( bisnis ) dapat dilakukan
di Bandar Udara mulai dari penyediaan fasilitas kebandarudaraan ,
penerbangan sampai  dengan jasa penunjang penerbangan dan
kebandarudaraan lainnya antara lain ;

> -Jasa pengurusan penumpang dan bagasi ( passanger and baggage
handling)

> -Jasa Pengurusan cargo ( cargo handling )
>
> -Jasa pergudangan ( warehousing )
>
> -Jasa pengiriman barang ( freight forwarding )
>
> -Toko , Restaurant , Art Shop
>
> -Agen Perjalanan ( travel agencies )
>
> -Pemesanan kamar hotel ( hotel reservation )
>
> -Taxi dan penyewaan mobil ( rent a car )
>
> -Bank dan penukaran mata uang asing ( money changer )
>
> -Jasa boga ( catering service ).
>

> 6. Kesimpulan / Saran :
>

>             Mengingat demikian pentingnya suatu Bandar Udara untuk
kemajuan suatu daerah baik untuk promosi pariwisata maupun untuk
usaha bisnis , maka penamaan suatu Bandar Udara sebaiknya
mencerminkan potensi dari daerah itu sendiri . Dan berkat upaya dan
inisiatif para netter yang tergabung didalam milist warga minang
telah terhimpun beberapa nama yang layak untuk dipertimbangkan
sebagai nama Bandar Udara baru Ketaping , dan dimohon kepada pihak
yang berwenang untuk menampung  usul dan memperjuangkan pada tingkat
yang lebih tinggi .

> [...]
>
> 3. Bupati Dati II Kab Padang Pariaman
>
> 4. Ketua DPRD Dati Kab . Padang Pariaman
>

> Dengan Tembusan Yth :
>

> 1. Menteri Perhubungan di Jakarta
>
> 2. Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta
>
> 3. Pemimpin Proyek Pembangunan Bandara Ketaping di lokasi Proyek
>

> [EMAIL PROTECTED] wrote:
>
> Ass,wr,wb.
>
> Dunsanak kasadonyo terutamo Uda Haji Zul Bali,
>
> Alun salasai juo masalah topik nangko, apo alah dibuek resumenyo
dan Buya
> Muchtar Naim sendiri nan alah tapiliah manjadi wakia DPD dari
Sumbar bisa
> mambawo katangah Dewan untuak di gol kan sebagai salah satu usul
dari
> komponen warga Minang nan ado di dunia maya ko.
>
> Kapado Buya Muchtar Naim, sakali lai ambo ucapkan salamaik duduak
sebagai
> salah satu dari ampek anggota DPD yang mewakili Sumbar. Kami
harokkan Buya
> bisa hadir pado acaro pertemuan dan pengukuhan Pengurus Yayasan RN
di hari
> minggu di muko tgl 06-06-2004 yang Buya adolah merupokan salah satu
Dewan