Sanak di Palanta,
Mambaco sajak  sanak Mulyadi, ambo jadi takana jo
pertanyaan kolega ambo di labor. Setiap kali makan
siang atau pun undangan ambo salalu mamiliah makanan
nan bebas dari babai dan alkohol, sahinggo kolega ambo
tu batanyo serius.
Tajamahan bebasnyo sarupo ko:
"Herman, mengapa kamu tidak makan babi ?" tanyo kolega
"Saya seorang muslim, dalam Islam makan babi
dilarang", jawab ambo.
"Apakah itu ada dalam al Qoran (dia tahu kitab suci)"
tanyo lanjut.
"iya" jawab ambo yakin
"mengapa dilarang ? apaka ada alasanya dalam Qor'an
itu ?" terus bertanya;
Ambo jawab, "dalam Al qur'an tidak ada penyelasannya,
namun secara saintis kita tahu bahwa dalam jaringan
atau daging babi ada cacing pita atau tanea saginata,
yang jika dipanaskan akan membentuk kista... dan
seterusnya"
Tapi apo katonyo:
"tetapi mengapa kami tetap sehat dan tidak terserang
sakit oleh cacing pita tersebut. Di Prancis, semua
daging melalui pengecekan kxwalitas yang teliti dan
cermat, juga babi dipelihara secara baik ... " katanya
lagi
Wah... sampai disiko iyo ambo mulai sulit menerangkan
jo logika berfikir urang ko! apo lai kenyataannyo
adanyo masalah penyakit sapi gila, mulut dan kuku pada
sapi dan ternak lainnya, sehingga kolega ambo itu
tampaknyo sulit menerima ko jo logikanyo!
terakhir, ambo jawab: agama dan sains bagaikan dua
sisi mata uang, agama dimulai dari keyakinan sedangkan
sains dimulai dari keinginatahuan.. yang nantinya akan
bertemu pada suatu kebenaran..
Itu saketek pengalaman ambo mahadapi urang asing yang
selalu batanyo soal haramnyo babi.

wassalam,

Herman Munaf
La Rochelle

--- MULYADI <[EMAIL PROTECTED]> a écrit : > Diary
BABI ( sajak : kalau babi bisa menulis )