Tidak ada baiknya kalau magkaji asal-usul etnis kecuali asal-usul manusia berasal dari
Adam dan Hawa.
Kalau kita mengkaji asal-usul etnis per etnis, jelas tidak akurat sebab tidak ada
dalam sejarah yang jelas. Coba kalau kita simak etnis Jawa, asalnya pitecantropus
erectus, soloinsis, dll, apakah tidak mirip kera??, jadi benar kata ahli belanda itu,
manusia dari kera.

Kalau begitu kenapa orang sunda dan jawa cantiek-cantiek (kata orang), tentu hasil
perkawinan silang di jaman dulu, misalnya di jaman penjajahan kan Belanda di jawa
sangat berkuasa. Terlepas juga apakah perkawinan silang itu haram atau halal, siapa
yang tahu ?

Begitu juga di Bukitinggi, banyak keturunan silang, liat saja terkenal orang darek
rancak-rancak. Karena Belanda berkuasa di Bukitinggi. Apakah orang Bukitiggi tidak
akan marah kalau mereka disebut hasil perkawinan silang pribumi dan belanda, terlepas
halal atau haram, sebab Belanda sangat berkuasa waktu itu, siapa tau?.

Sekali lagi tidak baik kita mengkaji hal itu. Dihadapan Allah yang dihitung amalnya,
taqwanya yang membedakan manusia di hadapan Allah. Anak haram itu bisa jadi ulama.
Yang haram kan perbuatan orang tuanya.
Jangan dihukum si anak.