Cabang-cabang Ajaran dalam agama Islam.
    Seperti sebatang pohon,ia mempunyai cabang,setiap
cabang mempunya dahan.begitupun dgn ajaran yang ada
dalam agama Islam.Dalam al Hadist banyak sekali
menyebutkan ttg hal ini.Jangankan ajaran agama
Islam,orangnya sendiripun dalam melaksanakan ajaran
tsb,sangat banyak dan bercabang-cabang,seperti ada
NU,Muhammadiyah,dllnya,masing masing mempunya mazhab
tersendiri,ada yang mengikuti mazhab Syafi,I,seperti
kebanyakan penduduk Indonesia dan Mesir,ada
Hanafi,Hanbali,dan juga Maliki.Kaum
Syi,ah,Khawarij,Mu,tazilah.dsbnya.Cabang-cabang ajaran
Islam itu cukup banyak,tetapi secara garis besarnya
dapat dibagi menjadi empat bahagian,menurut mazhab
yang empat(dalam hal ini saya tidak
memperpanjang,karena kalau dibahas,masing-masing dari
perbedaan dan keistimewaan keempat mazhab itu cukup
panjang,apalagi bila membicarakan hidup dari keempat
Imam tsb,dan ini bisa lari dari topic saya yang
semula,sementara di internet ini tidak mungkin menulis
kan hal yang sepanjang lebar itu.
   Mengenai eksistensi agama dalam kehidupan sudah
saya sebutkan,sekarang beralih kepada eksistensi Cinta
dalam kehidupan.
    Defenisi Cinta:
Cinta itu sebenarnya tidak dapat didefenisikan secara
pasti,karena masing-masing orang mempunyai defenisi
tersendiri akan hal tsb,tetapi ada baiknya saya
sebutkan beberapa pendapat ulama mengenai cinta
itu.Kalau Bapak Prof.Quraish Shihab mengatakan cinta
didalam bukunya adalah,:Cinta adalah kecenderungan
hati kepada sesuatu,itulah cinta manusia,ia
bertingkat-tingkat dan beragam pula"Al Junaid,ahli
sufi mengatakan ttg Cinta,"Dia adalah orang yang tidak
boleh menoleh pada dirinya lagi,selalu dalam keadaan
intim dgn Allah,melalui dzikir ,selalu menunaikan
hak-hakNYA,bergerak,diam,dan segala sesutunya
dikerjakan hanya karenaNYA…..dst",Kalau menurut saya
pribadi,"Cinta adalah suatu perasaan rasa kasih,sayang
yang hanya dapat dirasakan dalam kalbu,dapat
diungkapkan,dgn kata"saya cinta sama kamu"artinya,saya
punya perasaan senang sama kamu"dan cinta itu punya
hubungan dgn orang lain,maupun lingkungan,yang jelas
ada objek yang dicintai"Karena itulah,cinta itu bagi
saya kalau ditanya pasti saya akan menjawab,cinta saya
bercabang-cabang,ada cinta pada
suami,anak,teman,adik,kakak,Orang
tua,guru,lingkungan,tanah air,dsbnya.makanya saya
heran bila ada seseorang mengatakan bahwa hidup dan
matiku hanya utkmu seorang,cintaku hanya padamu.Saya
tidak percaya kalau ada seseorang mengatakan hal itu
pada saya,tetapi kalau ia mengatakan bahwa ia
mencintai saya saya percaya,kalau hanya saya seorang
saja yang dicintai,saya tak pernah percaya.Karena bagi
saya hidup ini haruslah banyak mencintai makhluk
Allah,baik itu benda hidup maupun benda mati.
   Cabang-cabang Cinta.
Pada hakikatnya,seperti pantulan sinar
cahaya,sumbernya satu,yaitu kita sendiri,kemudian,kita
pantulkan kemana-mana,satu buah lampu dapat menerangi
tempat sekelilingnya,begitulah cinta.dan terhadap
penerima cahaya pun berbeda-beda,sesuai dgn kedudukan
dari jauh dekatnya tempat yang mendapat cahaya lampu
itu,kalau dekat kedudukannya dengan lampu,maka cahaya
yang mengalir padanya pun lebih terang,kalau jauh,maka
akan semakin menipis,apalagi kalau yang bersembunyi
dibalik meja,lemari,atau jendela,ia hanya akan
mendapat cahaya terang bila jendela terbuka.begitulah
dgn cinta manusia.
   Tetapi disini kita dapat membagi cinta secara garis
besarnya.
   1.Cinta manusia terhadap Allah,itulah cinta yang
maha tinggi
  2.Cinta sesama manusia.
 3.Cinta terhadap makhluk Allah lainnya,baik itu yang
bergerak,maupun yang tidak bergerak.bernyawa ataupun
yang tidak bernyawa.
  Masing-masing dari ketiga cabang itupun
bercabang-cabang pula,tak layaknya seperti suami istri
yang puunya anak,kemudian yang anak punya anak
lagi,begitulah seterusnya
.
   Eksistensi "Cinta "dalam kehidupan
Cinta dalam kehidupan manusia haruslah ada,karena
manusia hidup tanpa cinta,seperti mayat,atau seperti
malam tak berbintang,kata orang muda-mudi.Kenapa
manusia membutuhkan Cinta,baik itu mencintai,maupun
dicintai?Jawabannya jelas,karena siklus dari kehidupan
manusia ini seperti sebuah lingkaran yang saling
membutuhkan satu sama lainnya.Jadi Cinta itu sanagt
berperan dalam kehidupan manusia,karena tanpanya
manusia hidup gersang,seperti dipadang pasir.tetapi
bila ia mendapatkan sinaran cinta bagaikan orang yang
kehausan diterik mentari,mendapat seteguk air.Oleh
karena itu pula saya menyebutkan hanya seteguk
air,diberi,bukan seember air,karena bila orang di
padang pasir diberi seember besar air,yang mulanya ia
sangat kehausan,tetapi diberi begitu banyaknya pada
saat itu,hal itu justru dapat memberikan penyakit
padanya,karena itu sebaiknya diberi
sedikit-sedikit,perlahan tapi pasti,begitupun
menampakkan cinta pada manusia.jangan sampai
keterlaluan.Dalam sebuah atsar yang berasal dari
perkataan sahabat Ali karramahullahul wajhah,beliau
mengatakan,Cintailah kekasihmu,sewajarnya saja,karena
boleh jadi ia menjadi musuhmu suatu saat
nantik,dan…dst"
  Cinta kepada Allah
  Dari sekian banyak cinta,dan cabang-cabangnya hanya
satu saja yang saya ambil sebagai suatu hal yang harus
menjadi perhatian manusia,dan yang harus dilakukan
oleh manusia,siapa sajapun orangnya.yaitu "Cinta
kepada Allah"
Kenapa saya tidak memperpanjang cinta kepada
manusia,atau alam raya?karena semuanya itu fana,alias
tidak kekal,maka kejarlah dan perjuangkanlah cinta
kepada Allah,yang tidak pernah mati dimakan masa dan
ombak,sementara bila cinta kpada harta,harta itu akan
musnah,malah bisa menjadi mala petaka pada diri yang
empunyanya,bila saja ia tidak mempergunakan hartanya
itu buat kemslahatan ummat.Cinta manusia,manusia itu
akan mati,dan mudah berpaling,karena ia punya hati
,sementara hati itu bersifat bolak-balik,yang itu
justru menyakitkan anda sendiri,selalu dalam
kecurigaan kepadanya dan takut bila ia berpaling pada
yang lain,dan membuat waktu anda habis buatnya.karena
itu cintailah manusia itu karena Allah,pilih ia karena
Allah,dalam Hadist Shahih,ada tuntunan manusia dalam
memilh pasangan hidup yaitu menikahi manusia itu
karena Empat perkara,karena
hartanya,martabat,kedudukannya,kecantikannya,dan
agamanya,maka yang beruntung adalah mereka yang
memilih pasangan hidup karena
agamanya.Kecantikan,kalau sudah tua akan
keriput,Harta,toh yang punya bukan ia,dan akan
musnah,martabatnya,suatu saat akan jatuh,tetapi karena
agamanya,maka keuntungan dunia akhirat akan dicapai.
    Cinta kepada Allah,adalah cinta dari segala
cinta,umber cahaya dari segala
cahaya(nuurun,alannuur).Manusia yang kalau hidupnya
penuh cinta karena Allah,maka apapun yang dilalukannya
didunia ini,cari duit,banyak sekalipun,tapi bertujuan
hanya karena Allah,pasti ia akan mendapatkan
ketenangan yang maha tinggi,yang tidak dapat dirasakan
mereka yang selalu punya hati gelisah.itulah ia
eksistensi cinta yang sebenarnya dalam
kehidupan.Demikian,wallau,alam.Wassalam

Send FREE video emails in Yahoo! Mail!
http://promo.yahoo.com/videomail/