Assalamu'alaikum Wr..Wb
    Semoga dunsanak semua masih dalam lindungan allah
amiin :),

AlQishshah, seorang laki-laki katakanlah si Fulan
bertanya kepada seorang sufi tentang tiga masalah:

Pertama: "Tolong tunjukkan kepada saya di mana Allah
berada."

Kedua: "Mengapa manusia mesti dihukum apabila
melakukan kesalahan sedangkan semua itu adalah
kehendak Allah? Manusia tidak punya kehendak bebas,
tidak dapat melakukan sesuatu bertentangan dengan
kehendak Tuhan."

Ketiga: "Mengapa Allah menghukum iblis dengan
membakarnya dalam neraka? Bukankah iblis itu berasal
daripada api, jadi tentulah api tidak dapat
memudharatkan dirinya?"

Sufi itu tidak memberikan jawaban sebaliknya mengambil
segumpal tanah keras dan memartilkannya ke atas kepala
si Fulan yang bertanya itu. Karena tidak mendapat
jawaban, bahkan sebaliknya hanya pukulan tanah keras
atas kepalanya yang didapatkannya dari sufi itu, maka
si Fulan pergi mengadu kepada seorang hakim. "Saya
mengemukakan tiga pertanyaan kepadanya tetapi dia
memartil kepala saya dengan segumpal tanah keras,
sehingga kepala saya bengkak dan sakit." kata si
Fulan.

Hakim memerintahkan supaya sufi itu dipanggil untuk
dimintai keterangan dan setibanya sufi ke dalam
sidang, hakim bertanya, "Si Fulan ini  mengemukakan
beberapa pertanyaan, lalu tuan menjawab dengan
memartil kepalanya dengan segumpal tanah keras,
mengapa?"

Jawab sufi itu, "Ketukan tanah keras itulah jawaban
atas pertanyaannya tadi:

Pertama, dia berkata kepalanya sakit, silakan
tunjukkan di mana letaknya yang sakit itu, barulah
nanti saya tunjukkan di mana Tuhan berada.

Kedua, mengapa dia mengadu pada tuan mengenai saya
sedangkan apa yang saya lakukan semuanya adalah atas
kehendak Tuhan.

Dan ketiga, yang saya gunakan untuk memartil kepalanya
adalah tanah, mengapa pula dia mengatakan tercederai
oleh tanah itu, bukankah manusia diperbuat daripada
tanah juga ?"

Si Fulan terdiam, dan hakim merasa sangat puas dengan
keterangan sufi itu.

Kalau ketiga pertanyaan dalam humor sufi itu tidak
dijawab dengan "gaya" sufi, maka sesungguhnya
bagaimankah jawaban ketiga pertanyaan itu menurut
AlQuran?

1. WADZA SALK 'ABADY 'ANY FANY QRYB AJYB D'AWT ALDA'A
ADZA D'AAN FLYSTJYBLY WLYWaMNWA BY L'ALHM YRSYDWN (S.
ALBQRT, 186), dibaca: waidza- sa.alaka 'iba-di- 'anniy
fainni- qari-bun uji-bu da'watid da-'i idza- da'a-ni
falyastaji-bu- li- walyu'minu- bi- la'allahum
yarsyudu-na (s. albaqarah), artinya: Apabila hambaKu
bertanya kepada engkau tentang halKu, maka
sesungguhnya Aku dekat, Kuperpekankan do'a orang yang
berdo'a, jika berdo'a kepadaKu, namun haruslah
(mereka) mengikuti perintahKu dan (mereka) beriman
kepadaKu, agar supaya mereka cerdas (2:186). Jadi
Allah dekat dalam qalbu orang-orang beriman. Dekat di
sini bukan dalam arti yang "space like"

2. FMN SYAa FLYWaMN WMN SYAa FLYKFR (S. ALKHF, 29),
dibaca: faman sya-a falyu'miw wamansya-a falyakfur (s.
alkahf), artinya: maka siapa yang mau berimanlah ia,
dan siapa yang mau kafirlah ia (18:29). Adalah atas
kehendak Allah, bahwa Allah memberikan kepada manusia
kebebasan untuk memilih. Oleh sebab itu manusia harus
bertanggung-jawab atas hasil pilihannya. Jadi manusia
mesti dihukum apabila melakukan kesalahan.

3. FATQWA ALNAR ALTY WQWDHA ALNAS WALhJART A'ADT
LLKAFRYN (S. ALBQRAT, 24), dibaca: fattakun na-ral
lati- waku-duhan na-su walhija-ratu u'iddat
lilka-firi-n (s. albaqarah), artinya: maka peliharalah
dirimu dari neraka yang bahan bakarnya dari manusia
dan batu-batu (berhala) diperuntukkan bagi para kafir
(2:24). Jadi iblis walaupun dari api, akan merasakan
juga azab neraka, karena dibakar oleh manusia-manusia
kafir dan batu-batu berhala yang menjadi bahan bakar.
wassalam

Yahoo! Health - your guide to health and wellness
http://health.yahoo.com