--- "Prof.Ir.Zoeraini" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Sadangkan rombongan
> presiden awak tu .... labieh dari 130 urang... hm...
> hm......mungkin
> sekalian rekreasi, sampai kini kan alun pulang lai
> do.... mangunjungi bbp
> negara. Nah tantu adiek awak Rahima lai manyambuik
> presiden jo rombongan
> .....  kan kapatang rombongan itu singgah pulo ka
> Mesir.........

Ass.Wr.Wb.

Ibu Zoer,Uni Ben dan semuanya,baik yg ada
dilangit,bumi,atas bawah,kanan kiri,depan,belakang:

Benar,..Ibu Megawati dan rombongan tlh nyampai ke
Mesir,dgn selamat sentosa,aman dan damai,memasuki
tanah kelahiran Para nabi2,sekaligus tanah Fir'aun2
bersemayam.tepatnya pd hari khamis tgl 12
kemaren.Beliau langsung dibawa ke Istana ke Presidenan
Mesir,kemudian mengunjungi taman Makam pahlawan (Anwar
sadat,mantan Presiden Mesir,yg mati
terbunuh),selanjutnya ke Piramid el Ghiza.Malamnya
tepat pd pukul 8.30,mengadakan tatap muka,dan santap
malam bersama pihak Kedutaan,dan sebagian masyarakat
Indonesia yg ada di Mesir.

Tak byk yg diceritakan ibu Megawati,saya rasa biasa2
saja,sbgmn yg beliau spikan di koran2 yg terbit.Tapi
tatkala menjawab pertanyaan2 dr mahasiswa/i Al
Azhar,yg ada sebagian cukup menyelekit,tapi buk
Mega,saya lihat dpt menjawab semua pertanyaan2 itu dgn
kepala dingin dan argument yg boleh di acungkan
jempol.

Salah satu pertanyaan nya adalah,ada seorg mahasiswa
yg memperingatkan buk Mega,akan komitment dr ide2 yg
dilontarkan beliau sblm menjadi Presiden RI,yaitu
Memperjuangkan segalanya demi Masyarakat
Indonesia,namun kata mahasiswa itu lagi,koq saya lihat
Komitment ibu itu sdh luntur,dan mulai menepis.Lantas
apa jawab bu Mega:"kalau ditanya ttg Komitment,tak ada
yg bisa menanyakan hal itu,krn itu berasal dr hati
nurani yg terdalam,dan saya ngak perlu berkoar2
mengatakan ini dan itu,kalau disama kan saya dgn
baju,..saya bukanlah baju,..krn saya ngak pernah
luntur sbgmn baju luntur,...dst.."

Juga pertanyaan ttg perihal TKI di malaysia
itu,dijawab dgn argument juga oleh buk
Mega,ditambahkan lagi jawaban itu oleh Menhub kita Bpk
 Agum Gumelar.(ada tiga mentri yg iku rombongan,4
anggota DPR,selainnya
dayang2,wartawan,anak,suami,dlsbgnya).kalau ketika
Gusdur dtg dulu,semua dibawa,termasuk tukang
sisir,tukang urut,tukang rias, memakaikan ini dan
itu,pokoknya sgt byk,dan sgt menyusahkan.bagi saya
semua itu menghabiskan duit saja.Tapi selalu dijawab
oleh Presiden siapa saja yg datang ke Mesir,kami pergi
ke LN utk ini dan itu,buat kepentingan negara juga(sdh
4 org Presiden semasa saya di Mesir ini,dlm jangka
waktu yg tak begitu lama,hanya satu Bapak Habibie yg
saya lihat datang tak begitu menyusahkan amat,juga
nampak realistis sekali.)

Byk sebenarnya cerita2 menarik yg dpt diceritakan
disini,setentangan Presiden dan Rombongan2 yg dtg ke
Mesir.

Pertamanya: mengenai keinginan utk meyewa satu kapal
pesiar sungai NIl,yg didlmnya ada tari perut itu.Ngak
jadi,krn kemahalan,khawatir Mahasiswa kairo akan
protes kali,masak semahal itu menyewa kapal utk
bersenang2,sementara rakyat kelaparan.

Kedua:  gagal beberapa kunjungan ketempat2 bersejarah
di Mesir yg juga akan menghabiskan byk biaya itu.

Ketiga:hal2 lain yg sepele,tapi cukup
memprihatinkan.Pelayan2 dapur buk Mega,yg sempat
kelaparan,krn terlambat makan di istana,dimana
berhubung Buk Mega,katanya ngak bisa b.Arab,maupun
English,sedangkan pelayan yg ada di Istana tempat buk
Mega menginap adalah org Mesir,sementara pelayan2nya
juga begitu,..yah,..terpaksa didatangkan dua ibu2
lokal staff utk jadi pelayan
juga(penterjemah).Sebenarnya perlu catatan bagi kita
juga,bahasa English,Arab,juga lainnya itu teramat
penting,apalagi klu kita jadi pejabat negara.Ada rasa
malu kita sama bangsa lain,yg Presiden mereka lincah
dlm berbahasa.

Keempat:mengenai kesibukan di KBRI dua Minggu
menjelang kedatangan Buk Megawati serta rombongan
pihak kedutaan sgt.sgt sibuk sekali,terutama Selama
Seminggu belakangan ini.Ada hal aneh yg kami
rasakan,Bapak2 home staffnya ikut survey ke Luxor,sblm
kedatangan Buk Mega.(Luxor ini tempat kerajaan Fir'aun
zaman nabi Musa dahulu,letaknya jauh dr kairo,klu naik
kereta memakan waktu 9-10 jam,naik pesawat tentu
sebentar saja.Yah,..jaraknya ngak jauh beda antara
jakarta-Padang kali.)

Tapi semua rombongan naik pesawat,termasuk kebanyakan
petugas kedutaan Indonesia yg ada di Mesir.

Yang aneh yg saya sebutkan ini adalah,bapak2nya
surver,sang Ibu2 home staff itu ingin ikut suaminya
juga,serta sekalian minta uang SPJ(Surat Perintah
jalan),juga.Kita2 pd kaget,dan sgt mendapat celaan dr
Masyarakat,terutama Ibu2 local staff yg ada di
Kedutaan.
Apa urusan ibu2 itu dgn tugas suaminya yg cuma survey
itu,kecuali hanya ingin jalan2 dan bersenang2
saja,bahkan minta duit SPJ lagi.Itu sgt aneh,klu mau
ikut suami atas biaya pribadi mgkn ngak jadi
masalah,ini semua ditanggung oleh duit Pemerintah,yg
juga pasti duit rakyat Indonesia.

Begitulah mental pejabat kita,kerja sedikit,duit
banyak,..selalu mengada2 kan yg tak perlu
diada2kan,asalkan ada proyek dan dpt duit.Ngak
memikir,apakah perjalanan itu memenag bermanfaat buat
negara,atau malah merugikan negara.Yah..begitulah
situasi Indonesia kita ini.Saya sdh sgt..sgt bosan dan
ngak tahulah mau bilang apa lagi,krn saya sgt terlalu
sering melihat kenyataan itu didepan mata kepala saya
sendiri.Dan saya selalu ngomong utk itu,baik kesuami
sendiri,ke Ibu2 yg lain,ke bapak2 yg lain,bahkan dulu
ke Ibu Dubesnya sekalipun.Tapi hasilnya sgt,,sgt
minim,bahkan nihil sama sekali.

Bagaimana tdk nihil,kelompok yg kecil,dan
bawahan,selalu kalah dgn kelompok yg atas,dan
besar.Yah,..sudahlah...memang itu adanya bangsa
kita.bangsa yg suka boros,dan menghambur2 kan
duit,padahal semua itu adalah duit Hutang.Mental
bangsa kita itu memang,yg sdh perlu diperbaiki
sekuat2nya.Mudah2an ada diantara kita nantik yg jadi
pejabat,tdk melakukan hal sama dgn pejabat2 kita
skrg.Amin yrbl.

Wassalam.Rahima.

Yahoo! News - Today's headlines
http://news.yahoo.com