Waalaikumsalam,Sobatku yg baik dan ceriwis,mirip Uni
evi lho tingkah kamu itu Jannah.

Oh yah,..aku tdk ada maksud buat iri,siapapun cerita
korma itu,kebetulan ada yg posting tulisan di Surau
ttg khasiat korma,dan tanya ttg hati onta,..yah..aku
timpali donk.

Klu aku cerita bahwa aku ada kirim korma kenegeri
antah barantah beberapa hari yg lalu,di bln Ramadhan
juga,spinya cepat lagi,..baru itu kamu bisa iri
Jan..(beneran aku sdh krm korma serta manisan buah
Mismis,asli Mesir ke sobatku yg sgt teristimewa
sekali,malah rencananya mau kumirimkan lagi,tapi ia
bilang ngak usah..yah ngak jadi..)

Siapa orgnya..jgn di tanya..secret..biar kamu itu
benar2 iri saja..(he..he..he..sorry,kamu mainkan aku
sih Jan..tapi aku tdk bohong,beneran aku krm ke
"negeri antah barantah itu",bukan negeri Indonesia
lagi.Kayaknya apa saja yg ia minta dr mesir itu malah
aku kasih lho,saking sayangnya aku ke dia.

Jannah..obat yg kamu sebtkan itu (hibatussudah,memang
itu obat mahal sekali,..dulu pernah dua botol
kubawa,di suruh suamiku minum,..eh..aku kasih ke
tetangga lagi,..hbs obatnya bau amat..mau muntah
ciumnya.Stlh spi di Kairo ditanya suamiku diminum
kagak itu obat,yg benar2 mahal dan mujarab (1 botol
kecil saja harganya ketika itu hpr mendekati 1 juta
,gila ngak tuh Jan..)aku bilang ngak di minum,malah di
kasih tetangga lagi.Suamiku geleng2 kepala.Di kasih
obat bagus,..malah dicuekin lagi.Hbs bau sih.

Begitupun madu Yaman yg kamu maksudkan itu harganya
segitu.Madunya memang terkenal sekali mantan Presiden
Soeharto kita dulu,selalu pesan madu itu.Itu
mah..benar2 obat.Nah..sanggup beli obat semahal
itu...mahal sekali Jannah..kecuali klu suamiku memang
beli,..aku bisa lah,bawakan utk kamu.bisa di bagi
begitu.Tapi krn suamiku sdh sembuh dr penyakitnya,krn
minum obat itu juga sih..jadi sdh jarang lagi beli
jan..

mengenai aku muncul tenggelam di mailing list
ini,sebenarnya bukan apa2,itu semua krn ada mood,atau
tdk ada mood.Lagian saat ini anakku yg kecil lagi
benar2 sakit yg perlu perawatan khusus jannah.Tiga hr
yg lewat ,sewaktu kami shalat tarawih malam
memperingati nuzulul Qur'an di kedutaan,anak2 semua pd
main di teras belakang kedutaan.Nah anakku yg kecil
mainnya sama org lbh tua umur drnya,..tentu main
dorong2an,..anakku terjatuh dr tangga,dan ketimpa Pot
bunga yg gede lagi.makanya kulit kepalanya
terkelupas,sepanjang 15 cm,di tambah lebar membentuk
persegi tiga (cukup lumayan lebarnya),di bawa ke RS
terpaksa hrs di jahit.

Aku saat lihat darah anakku mengalir begitu hampir
pingsan saja,tapi krn anakku panggil2 aku,:
Mama..mama..amang mama..(maksudnya anak yg mendorong
ia itu),adek sakit mama..ada darahnya mama..kasih
obat.." ia bilang begitu,..aku ngak kuat,menangis
saja,..dan cepat2 bawa ke RS terdekat dr kedutaan
itu.Suamiku sendiri ngak kuat lihat anaknya bercucuran
darah begitu,..jadi terpaksa aku yg hrs
teguh.Kukuatkan utk memeluknya,dan
menggendongnya,mencoba menenangkan hatinya,..bilang "
ngak apa2 nak..nantik di kasih obat yah..".padahal
hatiku saat itu hancur sekali,kuusahakan tdk menangis
didepannya,cuma peluk dan menciuminya terus di jalanan
mau ke rumah sakit itu.Dan darah mengalir terus dr
kepalanya,kubalut dgn tissue utk sementara.

Spi di RS,..kurang ajar banget itu org RS,..ngak mau
nangani langsung,alasannya..hrs lengkap duit
pengobatan (operasinya,saat itu juga).Kamu tahu kan
Jan..mana mgkn kita bawa duit kesana kemari,dlm jumlah
yg mrk inginkan itu.Wah..disitu emosi saya tdk
tertahankan lagi,..suamiku berusaha menjelaskan,di
bayar setengah dulu,yg penting di tangani dulu anak
kami,krn saat itu kami ngak bawa duit cukup
kan,..lagian yg menemani kami saat itu juga
mahasiswa.Bapak2 di kedutaan lainnya pd byk yg tdk
tahu kejadiannya.krn lagi acara dan shalat tarawih.

Eh,,benar2 ngak punya peri kemanusiaan itu RS,padahal
RS itu sdh termasuk yg cukup terkenal dan
bagus,..lagian mahal,..hanya memang milik pemerintah
ISLAM Mesir.Beda dgn RS Swasta milik Kristen,tetapi
pelayanannya cukup bagus,cepat di tangani,tanpa
mikirin duit dulu,duit itu belakangan (itu bedanya RS
Islam dgn RS Kristen di Mesir itu Jannah,lbh bagus
milik Kristen lagi,..itulah kita Ummat Islam,..itu
salah satu contoh..yg perlu aku beritahukan kekamu
Jannah,itu terjadinya di Mesir lagi).

Kami pilih RS tsb,krn ituRS yg terbagus dan yg
terdekat dr Kedutaan.Mau pilih RS Swasta milik
Kristen,..jauh dr Kedutaan,dan kami ngak nyangka klu
begitu pelayanannya.

Nah..saat itu,..keluar lah kata2ku yg sgt kasar
didengar oleh telinga para dokter2 Mesir itu.(hbs
suami ku sdh jelasin dgn lembut,dan baik,bhw kami
punya duit sebanyak itu,bahkan lbh dr itu
lagi,..tetapi adanya di rumah,hrs diambil dulu kerumah
kan tdk mungkin,..yg penting anak kami ditangani
dulu,..kata suamiku,..mrk bilang ngak bisa..(benar2
tdk berperikemanusiaan).Mrk minta pasfor segala,di
tunjuki kartu KBRI juga ngak mempan,mrk minta SIM
juga.Lantas,dgn kemarahanku yg tdk bisa di tahan
lagi,aku ucapkan spt ini :

" Ini Rumah sakit yg mengobati org sakit, atau toko
dagangan yg,utk jual beli,untung dan rugi,..apa tdk
kalian lihat anak saya sdh kesakitan begini,darah
mengalir terus,..klu ia mati..maka Demi Allah,..saya
bersumpah..akan berdo'a pd Allah,..utk memberikan
balasan yg setimpal pd kalian,..krn Kalianlah penyebab
kematiannya.haram alaikum..(haram kalian membuat hal2
semacam ini) Minkum LILLAH (semoga Allah membalas
perbuatan kalian ini),..Kalian lebih mementingkan
duit,ketimbang mengobati org sakit,..benar2 sikap
semacam ini melebihi sikap Binatang,..bukan Manusia.."

Di Depan umum,org ramai lalu lalang dgn suara yg
sekeras2nya ,penuh emosi saya mengucapkan hal
itu,..barulah..anak saya di tangani mrk..langsung di
buat surat2nya,..dan di bawa keruang operasi.Saat
dioperasi itu aku pulang kerumah utk ambil
duit,sementara suamiku menanti di RS itu spi selesai
dioperasi.Dan setelah memberikan duit itu ke
suamiku,..aku kembali ke kedutaan,..mengambil anak2 yg
dua lagi,kebetulan mrk menerima hadiah karena Juara I
utk perlombaan Cerdas Cermat dan HIFZIl Qur'an.

Sampai saya datang lagi ke rumah sakit itu,..semua
perawat,dokter di RS itu,..takut pd saya,..ngak berani
memandang saya,..dan bilang dgn lembut,.." Maaf
buk,bukan kami tdk mau menangani langsung,tapi memang
begitu prosedurnya di sini..Ibuk disini berada di
tengah 2 keluarga Ibuk,kami bersama ibuk..jgn
khawatir,..anak ibu tdk apa2 koq,..tdk luka
dalam,..hanya luka luar,sdh di ronsen,ngak ada apa2.".

Apa ku jawab jannah,..: " Iyah..kalian ini hanya butuh
duit,..bukan bertujuan mengobati org sakit,..rumah
sakit semacam apa itu,..menyalahi janji kedokteran yg
di pelajari dan di sumpah dulunya,..saya sulit
memaafkan perlakuan kalian perama sekali,..sepanjang
hidup akan saya ingat terus,..ini kebetulan kami punya
duit,..dan saya sdh mencak2 tadinya,..bgmn bila
kebetulan yg dtg adalah anak2 dr keluarga yg tdk
mampu,..apa kalian biarkan ia mati begitu saja,..tanpa
pengobatan,..hanya krn mrk tdk punya duit..wajar
sekali saya tadi emosi sekali,..bahkan akan sgt sulit
hilangnya dlm ingatan saya sikap pertama sekali yg
muncul dr RS ini,Ini RS Islam,..berarti inilah
cerminan,potret dr sikap dan hati Ummat Islam itu
sendiri,mengapa RS "Assalam",milik Kristen
pelayanannya jauh lbh bagus dr RS ini.Saya sesalkan
sekali..bgmn nasib org2 yg Miskin dtg kermh sakit
ini,kami yg berduit hanya krn duit tdk dibawa
saja,kalian sdh hadapi begini,apalagi yg Miskin,tdk
punya duit sama sekali."

Akhirnya mrk benar2 terdiam,..dan tdk berani lagi
mandang saya,..cuman minta maaf doank,..hati saya sdh
terluka begitu.Mrk cuman beraninya ngomong kesuami
saya.Klu masalah keras,mengeras,beranteman dgn org2
mesir,di kairo ini,memang aku jagonya jannah.

pernah aku ceritakan juga disaat mpbil kami di
tabrak,..saat itu mrk minta ganti rugi 5000 pound (10
juta itu),..sdh kita di tabrak,minta ganti rugi sama
kita lagi..apa tdk masuk akal itu.Suami ku ketika itu
krn kalut,..mau aja menggantinya,..dan mau
berdamai.Aku yg tdk terima..lantas menghadapi itu dua
org Mesir yg tinggi2 itu.Aku bilang " Tidak..kami tdk
akan ganti rugi,..kamu yg nabrak,..kamu yg hrs ganti
rugi pd kami.."Lantas mrk mau menerjang suamiku.Aku
halangi dan berdiri di depan suamiku,..ku katakan pd
kedua org lelaki itu " Klu kamu mau pukul suami
saya,..langkahi dulu mayat saya..".Akhirnya itu org
Mesir ketakutan juga kali lihat muka saya yg merah
padam,penuh emosi.Padahal anak lagi dlm gendongan
ketika itu.Sama persis dgn kejadian di RS beberapa hr
yg lalu.Saya marah2 itu,..anak msh dlm gendongan saya.

Ini dia ceritaku Jannah,..kejadian yg baru saja
berlalu.Tapi begitulah yg sering kuhadapi di Mesir
ini.Aku sering berantem dgn org2 Mesir itu sendiri.Klu
kita ngak keras di negeri org,kita akan dilecehkan dan
diinjak2 seenak perut mrk.Harga diri kita
jatuh,..apalagi keadaan Indonesia yg sdh terkenal
dimana2 sedang dilanda krisis yg berkepanjangan
ini,menjadi bahan ejekan juga bagi mrk.Klu kita ngak
pintar2 membawakan diri di negeri org,..bisa2 kita
hancur.Tapi klu kita tahu menjaga harga diri dan
martabat kita,..maka dgn sendirinya kita akan di
hormati dan disegani mrk.

Jannah,..ini baru penyelesaiannya sama org
Mesir,sementara sama org tua yg menjatuhkan anak kami
tsb,..lain lagi.Kebetulan ia anak dr org kedua stlh
DUBES KBRI,tapi aku tdk takut sama sekali
menghadapinya.Mentang2 anak pejabat,klu buat salah
didiamkan begitu saja.Saya bilang Bpk itu juga bgmnpun
hrs juga minta maaf ke kami,krn ulah anaknya spi anak
kami begini,jgn spi hal ini diulang kembali,..main2
boleh,..tapi jgn spi mencelakakan.

Mulanya ia ngak mau ngaku,dgn beralasan yg di
buat2,dan tdk masuk akal.Lantas aku tantang
Jannah,.dgn dalil yg lebih jitu lagi,dan aku patahkan
alasannya yg di karang2 itu.Dan aku minta suamiku agar
jgn takut menghadapi siapapun,meskipun itu atasan kita
sendiri,ataupun org kedua sekalipun,..klu ia
salah,..meski kita bawahan,..yg salah tetap minta
maaf.Jgn didiamkan.Alhamdulillah suamiku yg penuh dgn
ketenangan bila menghadapi org,..bisa menghadapi mrk.

Nah..begitu ceritaku jannah.Supaya kamu tahu
aja,..anakku sdh mulai pulih kembali koq,..baru sehari
kepalanya dijahit saja,sdh lincahnya minta
ampun.Kekamar madi saja mau buang air besar dan
pipis,mau minum malam2,..bangun sendiri,..ngak minta
tolong mama babanya.Tapi aku tdk biarkan,..ia kemana2
sendirian,..krn kondisinya msh sgt lemah.Tapi dasar
itu anak memang lasak sih,..skrg aja sdh main2 lagi
sama kakak2nya,tapi selalu kuperhatikan betul,agar tdk
terbentur dgn benda2 keras.Paling mrk main puzzle2
itu,mobil2an.belajar,menulis,itu kegemaran anak2ku
sih.mau bilang apa lagi.Sakit2 juga ngak bisa diam.

Sudahan yah Jannah,..ceritaku cukup panjang.

Pak Boes ..mengenai keju tsb,..ceritanya panjang
Pak.Semoga Pak Abdurrahman bisa menjelaskannya.Tapi
ada satu yg perlu saya beritahukan ke Pak Boes,utk di
fikirkan.Bgmn dgn makanan yg dimakan oleh org2 Islam
yg berada di negeri jepang sana,..Amerika,..jerman
Dlsbgnya,..yg mrk menyembelihnya tdk dgn menyebut nama
Allah..? Mgkn dgn jawaban ini,maka akan dgn sendirinya
terjawab oleh Pak Boes pertanyaan dr Bapak itu.Meski
ada dalil Al Qur'an utk itu.Tapi saya hanya berikan
logika ini saja dulu ke bapak.maksud saya,agar kita
jgn terlalu memandang sempit ajaran Islam itu.

Bgmn pula dgn alat2 kosmetika yg di dalamnya ada
campuran Al Kohol,barang terlarang,..obat2
bius,..ganja,..dan juga lipstik yg di bawa
shalat,dlsbgnya..? saya bisa balik tanya ke
Bapak,..gmn hal ini menurut Pak Boes,..?

Wassalam Rahima(33 thn )

--- dinda jannah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ass.Wr.Wb.
> Imahhh....kamu cerita ttg kurma membuat iri aku
> saja,kirimkan donk kurmanya ke aku.Juga hati onta
> itu,buat obat segala macam penyakit kamu bilang,aku
> dengar juga Madu Yaman,dan Hibbatussaudah juga
> sangat terkenal di mesir itu,gimana ceritanya itu
> ima,kebetulan aku butuh banget lho ma..itu
> obat-obat,kalau kamu pulang bisa bawa ngak ma..biar
> aku ganti uangnya nantik ,aku tahu itu memang
> mahal.Tapi kalau kamu ngak keberatan sih.

Yahoo! Mail Plus – Powerful. Affordable. Sign up now.
http://mailplus.yahoo.com