Saya setuju dengan HeriTanjuang,
Banyak hal yang kita bisa lakukan tanpa bantuan orang lain,
berhentilah ma-minta ka-urang.

Kalau mancaliak kaadaan kini-ko ambo ragu investor akan datang ka Sum-
bar, sababnya mereka urang bisnis tujuan utama mereka menanamkan
modal adalah untuak keuntungan tanpa itu jangan harap
investor akan datang.

Begitu juga para turis mereka akan datang jika ada suatu yang menarik
di tempat itu, sesuatu yang menjadi buah bibir dan dibicarakan orang.
Sebagai contoh Mesir seperti Uni Rahima sampaikan, mereka datang
karena orang ingin melihat piramid, orang ingin mengunjungi sebuah
pusat peradaban yang tinggi di masa silam, ada cerita tentang farao,
cleopatra dan lain-lain.
Karena banyak-nya orang yang datang, tentu banyak juga uang yang akan
mereka belanja-kan karena itulah investor datang untuk membangun
hotel, jalan tol dan lain-lain.
Begitu juga tempat lain di dunia jika ada sesuatu yang menarik orang
akan datang ke sana sebagai tujuan utama bukan hanya sebagai
pelengkap atau tujuan tambahan saja

Terus apa yang bisa kita lakukan agar mereka datang ke Ranah Minang
dengan kondisi kita sekarang ini. Kita tidak punya sesuatu yang
benar2 berbeda dengan tempat lain atau mungkin belum punya.Apa yang
bisa kita kembangkan di Ranah Minang, potensi apa yang kita punya dan
bagaimana cara-nya meng-exploitasinya itu hal yang lebih penting lagi.
Saya yakin kita punya sesuatu yang bisa dikembangkan.

Mungkin kita bisa mulai dengan mengatur kembali Masyarakat kita
apalagi di era otonomi daerah sekarang ini. Kita bisa kembali ke
Sistem kita dulu sebuah Masyarakat berbasis Nagari.
Setahu saya sistem ini sangat mandiri dan otonomi, tapi melihat
struktur yang ada sistem ini sudah bisa membangun sebuah civil
society pada level yang paling bawah. Dengan sebuah sistem yang
lengkap tapi pada skala yang kecil maka akan mudah bagi kita untuk
mengembangkan-nya, karena pada sistem ini ada yang berfungsi sebagai
pelaksana dan ada yang berfungsi sebagai pengontrol yang datang
langsung dari bawah bukan dari atas seperti sekarang ini. Dengan
jarak yang tidak jauh antara yang memimpin dan dipimpin hanya tinggi
sarantiang dan dahulu salangkah, sang pemimpin akan sangat hati-hati
dalam bertindak.
Jika kita bisa membangun masyarakat yang mandiri, massalah keamanan,
sosial atau yang lain-lain bukan hal yang utama lagi,karena semua
sudah bisa diselesaikan dibawah pada tingkat yang terendah yang
langsung berhadapan dengan pelaku-nya sehari-hari, Insya Allah.

Saya selalu membayangan sebuah daerah yang indah, hijau dengan
masyarakat yang teratur tapi penuh dinamika dan ada harmoni antar
elemen-nya serta mandiri, sehingga orang datang ke sana akan berusaha
untuk menyesuaikan diri dengan tempat itu untuk mengikuti irama-nya
agar bisa ikut menyanyikan senandung alam dan ikut menari dalam
hentakan denyut kehidupan di sana.
Tidak ada lagi ketakutan akan turis yang mambao panyakik, karena sang
turis lebih takuik tidak mendapatkan tujuan mereka, yang ada mereka
akan mandapek 'panyakik' kita karena mereka berusaha untuk menjadi
kita.

Lets do it, setidaknya kita bisa memulai dalam diri kita dalam
imajinasi kita, gratis lagi he.he.he... Piramid, Great Wall, Taj
Mahal semua yang dikunjungi berjuta-juta umat manusia berawal dari
sebuah imajinasi. Dan saya yakin diciptakan pada sebuah sistem yang
teratur pula.

wassalam

--- In [EMAIL PROTECTED], Tanjuang Heri <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Uni Rahima jo dunsanak netter sadonyo,
> Untuk partamo kalinyo ambo satuju 100% bahkan 500% jo pandapek Uni
ko. Masalahnyo, kamauan di awak nan alah indak ado lai. Semangat
untuk berdikari alah abieh. Labiah rancak main sikut, untungnyo
capek, karajo saketek.
> Sifat nan co iko harus bisa diubah dek urang awak di kampuang. Apo
kito masih harus manadah tangan minta bantuan taruih kalau di awak
indak amuah manyingsiangkan langan baju. Mungkin urang awak alah
takuik langan bajunyo baluluak, kumuah. Urang Parancih punyo
pribahasa, On n'est jamais mieux servi que par soi-meme , nan bisa
diaratikan, nasib awak ndak kabarubah kalau ndak diri sorang nan
namuah maubah. Kalau ndak salah di Al Quran pun di sabuik an. Uni
labiah tau surek apo jo ayatnyo.
> Ibo ati ambo sabananyo  mancaliak kaadaan sarupo iko. Ambo ingin
maajak pemimpin awak di kampuang untuk mamanfaatkan SDM urang awak
nan banyak di LN jo Tanah Air. bamusyawarah awak kasadonyo.
> Kok untuk pariwisata, ambo satuju. Tapi nan dikhawatirkan dek ulamo
jo niniek mamak bundo kanduang kito di kampuang (walaupun iko ndak
baalasan ), turis ko banyak mambao panyakik dari pado kauntungan.
Itulah sababnyo, pariwisata kurang bakambang di Sumbar. Awak takuik
anak kamanakan akan menganut paham bebas sex. Ambo pernah mandanga
keluhan turis Perancis di Padang, kasanyo' turis ko di kaca kaca'
dek anak mudo awak di Padang, dengan alasan di Perancis kan alah
bebas sex. Jaleh sajo si turis ko maraso indak nyaman . Iko pandapek
nan salah. Di Perancis, kalau turis dikaca kaca model itu, nan
mangaca ko bisa dipanjaro , paling ndak kanai dando.
> Saran ambo untuk nan di ateh, nan punyo kakuasaan jo urang Minang
sadonyo :
> 1. Labiah baik ma non aktifkan KA di Sumbar ( disimpan dulu di
Sumbar ) tanpa harus manjua ka Jawa atau Palembang sambia manunggu
investor pariwisata nan bisa ka mananam modalnyo di Sumbar. Lokomotif
uap merupakan daya tarik turisme yang sangat besar.
> 2.  Maagiah pangaratian ka anak mudo, masyarakat, ninik mamak,
bundo kandung tantang manfaatnyo wisman ko. Caliak sajo Mesir (Uni
Rahima labiah tahu dari ), Jordania, Turki jo Malaysia nan Islam alah
marupokan agamo negara, turis merupakan salah satu pembawa devisa
negara paling besar.
> 3. Menginventariskan/ Mangambangkan/ Menata kekayaan alam nan bisa
dijadikan asset pariwisata ( contoh Bali).
> 4. Timbulkan rasa nyaman bagi wisman yang berkunjung. ( termasuk
kebersihan ). Ambo pulang Mei kapatangko, Padang rasonyo alah sarupo
kota kumuah. Rasa aman indak ado.
> 5. Bangkitkan keramahan masyarakat, senyum dan hilangkan penipuan
terhadap turis, wisnus dan wisman.
> 6. Bentuk polisi wisata, yang siap bantu turis yang mengalami
kesulitan. Bukannya dikerjain dengan pungli dsb. SDM ini paling tidak
menguasai B. Inggeris.
> 7. Kembangkan KA wisata, seperti jalur Padang Pariaman yang sudah
operasional, ke daerah lain sperti KA yang melalui Silaing Kariang
(Kayu Tanam - Padang Panjang - BKT), jalur Padang Panjang - Singkarak
atau Solok Singkarak, jalur Sawah Lunto - Singkarak dengan stasiun
ketek , kampuang nan bisa dikambangkan potensi wisatanyo, seperti
sulaman songket dan keindahan alam.
> 8. Bagi anggota DPRD nan alah malakukan study bandiang ka LN,
terapkan lah apo nan alah dipalajari dari  jalan jalan ka LN tu.
paliang ndak , iko marupakan pertanggung jawaban atas pitieh rakyaik
nan alah dihamburkan ka LN.