Sekedar manas-manasin...

Bundo, saya pikir pertanyaan om SBN itu bagus lhooo
Soale nggak banyak kok orang minang yang diimbau bundo.  Konotasinya
dikaitkan dengan 'ningrat'; beda dengan panggilan 'amay' (terbayang
ameh ringgik jo perak). Kali ini sbn emang emmooyy lah bisa menyentuh
sensitif area dari perasaan bundo.

SBN, hayooo buruan menta maaf ka bundo denai.  Ihhhh, aku ampe
tergoda nian untuk bikin tulisan tentang pertikaian Bundo dan titik.

'ooyyy uni 'emut, ada proyek nihhhh...

~rarach

--- In [EMAIL PROTECTED], Hayatun Nismah Rumzy <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Assalamu Alaikum W. W.
>
> Sehubungan dengan saya, Hayatun Nismah Rumzy, mendapat panggilan
Bundo Nismah didalam RantauNet, panggilan tersebut bukanlah berasal
dari saya sendiri, tetapi diberikan oleh kawan kawan para pendiri
RantauNet pada tahun 1993. (e.g. Sjamsir Sjarif bagala Mak Ngah,  Dr.
Arisman Adnan bagala Gindo dan saya dipanggil Bundo karena satu satu
nya pendiri yang berada dikampung (Indonesia). Untuk jelasnya bagi
sdr. Titik Sutan Bagindo Nagari harap angku baca yang dibawah ini:

> Diawali dengan kontak pribadi antara urang-urang awak student dan
permanent resident di luar negeri yang bertemu di cyber groups
(mailing list) tentang Indonesai di awal tahun 1990-an seperti Isnet,
Janus, IDS dan lain-lain,
> akhirnya disepakati untuk mendirikan grup cyber urang awak. Di
akhir tahun 1992 sudah terjadi jalinan komunikasi email sebagai
pendahuluan ide berdirinya RantauNet antara Bapak Dr Arisman Adnan
(ketika tugas belajar di Manhataan,
> Kansas-USA, kini di Universitas Riau-Pekan Baru) dan isteri beliau
Dr Yenita Roza, Mamak Sjamsir Sjarief (sampai kini di Santa Cruz, CA-
USA), Bundo Hayatun Nismah Rumzy (di PT Caltex-Rumbai, kini pensiunan
di Jakarta) dan putera beliau M Agita Datuak Sadeo (waktu itu sedang
belajar di USA, kini dosen Fakultas Pertanian Universitas Andalas-
Padang). Ide nama RantauNet dan istilah Lapau adalah dari Mamak
Sjamsir Sjarief, sedangkan istilah Palanta dari Bapak Arisman Adnan.

> Pendistribusian email partama kali dalam suatu mailing list (group)
sekitar Maret-April 1993 dilakukan melalui alamat [EMAIL PROTECTED] kepunyaan
Uda Dr Arisman Adnan berkat bantuan ISNET, karena domain ini waktu
itu juga dipakai sebagai relayer ISNET untuk Wilayah Midwest USA.
Pada waktu itu Bundo Nismah dengan senang hati, rajin membuatkan
abstraksi/ringkasan berita dari tanah airuntuk pembaca di Lapau atau
Palanta RantauNet, karena belum adanya website berita pada waktu itu.

> September 1993 setelah Uda Arisman Adnan lulus S2 di Manhataan,
Kansas, USA, relayer dimaintain oleh Uda Dr Darusman Rusin (urang
awak kelahiran Aceh, sekarang Dekan Pasca Sarjana Fakultas Pertanian
Unsyiah Banda Aceh).

> Akhirnya pertengahan 1994 karena tidak ada lagi pengelola ditempat
lama, atas usaha Bundo Hayatun Nismah Rumzy dan Dr M Agita Datuak
Sadeo RantauNet mendapat tumpangan di alamat [EMAIL PROTECTED] dengan
administrator Andy Maas ([EMAIL PROTECTED]), urang Pekanbaru yang menjadi
Network Administrator di Stanford University, California-USA yang
kebetulan dikenal oleh para pendiri RantauNet. Sampai akhir tahun
1995 RantauNet bertahan di server Stanford University, California-USA
ini.

> Jadi panggilan iko lah bajalan kiro-kiro 10 tahun sajak badirinyo
RantauNet. Saya menyarankan untuk selanjutnya bila menanyakan
sesuatu/menginginkan informasi marilah sama sama memakai bahasa/kata-
kata  yang tidak  menyudutkan, menyindir, menghina, mempunyai maksud
busuk tertentu seperti mensejajarkan  kata Bundo, dalam panggilan
Bundo Nismah dengan Boru ditanah Batak atau Bunda Maria dsb.  Kalau
doens mungkin sajo bagi urang Minang nan maraso badusanak. Juga
sebaiknya sebelum kita mengomentari sesuatu, kita mengetahui latar
belakang sesuatu itu. Jadi tolong dibaca Sejarah Pendirian RantauNet.
Mangango sabalum mangecek Angku.