Ass.w.wb
Itulah nan harus diperhatikan dek Pemda awakko sopan santun jo mangecek lamah lambuik, apolagi petugas Imigrasi inyokan bertugas langsung dilapangan dengan tamu-tamu nagari yg memakai fasilitas pesawat.
Saya mengatakan itu karano waktu kami sekeluarga pulang ke Padang, dan waktu mau kembali lagi ke Australia, kami sudah dibekali surat oleh KBRI di canberra bahwa kami sebagai pemakai visa pelajar tidak dipungut fiskal, juga dari kantor pajak di kota padang memfotokopikan peraturan-peraturan yg menguatkan ttg hal itu.   tapi sewaktu dihari keberangkatan  kami dipersulit oleh petugas Imigrasi di Bandara,walaupun kami telah menunjukkan surat-surat lengkap, dan petugas tersebut saat itu sangat tidak ramah, karena suami saya tidak bisa bahasa padang dikiranya sayapun tidak bisa bahasa padang petugas itu mengomel dalam basaha padang, yang masih saya imgat kata-katanya, " urang bantuak itu jaan dilayanilo lai da..." kata petugas yg perempuan kepada petugas laki-laki.  Setelah kami mengancam mau menelpon kepala kantor mereka, barulah kami diizinkan lewat dan tiket kami diproses dengan muka merenggut.
Banyak dari teman kami yg belajar diluar negeri sudah terpaksa membayar fiskal karena hal-hal seperti tadi, bukannya dipermudah oleh petugas Imigrasi tapi dipalak lagi oleh mereka. Apakah mereka tidak merasa berdosa memakan uang yg bukan hak mereka bayangkan kalau saat itu kami tidak keras kami hrs bayar  4 juta rupiah.

Mudah-mudahan surat terbuka ka Gubernur yo bana lai sampai ka Beliau karena ini memang sangat memalukan sekali.

Welly hidayat

--

> Hormat saya,
> Edizal