From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of -- (*o*) --
Sent: 03 September 2003 7:55
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [RantauNet.Com] pengobatan tradisional minangkabau

Dok, jangan tunggu yang lain dong, mulai saja sendiri membahas obat tradisionalnya, pasti menarik dan bermanfaat untuk orang banyak. Tak tungguin ya.

Oh ya, sewaktu saya masih gadis tak berdosa, kalau luka terkena pisau, nenek saya selalu mengoleskan daun pucuak parancih muda yang sudah di remek-remek ke luka tersebut. Setelah itu di balut pakai kain lapuk tapi bersih. Gak sembuh seketika memang, tapi kalau saya tidak lasak, luka terkena pisau ini tidak menimbulkan infeksi tuh. Zat apa ya yang terkandung dalam daun pucuak parancih tersebut, Dok?

Kalau saya demam, nenek saya juga biasa membawa sebatang tebu hitam, secomot beras, sepotong kunyit dan bunga labu parang ke Miciak Sabi di kampung lain. Apa ya istilah kalau bawa perlengkapan ini ke dukun, mandesoan, kalau tak salah. Balik ke rumah, tepu tersebut di kupas dan saya disuruh mengunyahnya begitu saja. Kunyit dioles ke kening dan beras dan bunga labu dibuat bubur, juga untuk di nikmati. Entah apa yang terjadi, paling-paling dua jam setelah santap obat dukun itu, bintang-bintang oranye yang terlihat saat saya menutup mata dan rasa berdentum-dentum di belakang kepala langsung hilang tuh Tolong ulasannya dari segi medis ya, dok. Terima kasih sebelumnya.

Salam,

--Gm