Server mailing list RantauNet berjalan atas sumbangan para anggota, simpatisan dan
semua pihak yang bersedia membantu. Ingin menyumbang silahkan klik:
http://www.rantaunet.com/sumbangan.php

Cysca writes:

> Tanyo ciek (lai) :  Apakah di setiap kampung (nagari / jorong) pasti ada tempat
> pemandian ? seperti di kampung saya ada yang dinamakan Pincuran Gadang. Di sini
> tempat mandinya orang sekampung(at least Matur Hilir aja). Ada sekitar 7 outlet yang
> mancur ke dalam tempat pemandian. Terpisah (ya pasti dong) antaran perempuan dan
> lelaki.

Assalamualaikum WW

Maaf saya masuk lagi ketengah sidang yang lagi menyela
nyilau wisata kampuang, setelah satu minggu nggak disini,
karena menikmati cuti dikampuang yang jauh dari dunia
internet.

Banyak acara yang telah terintis dikampuang (baca
Canduang), untuk menindak lanjuti pembicaraan dibilik
potensi. Seperti Home Stay, Paket Wisata Canduang, ST
Maharajo dll.

Ingin menjawab pertanyaan C tentang "pemandiang", saya
ingin menjawab apa yang ada dikampuang (canduang). Betul
sekali setiap umpuak (bagian dari sidang) mempunyai tempat
pemandian yang disebut dengan "pincuran" (karena Canduang
terletak dilereng Gunung Merapi, sehingga tempat mandi umum
terbanyak berupa pincuran air).

Setiap umpuak pasti punya satu pincuran umum, tempat MCK
orang saumpuak. Jadi di pincuran ini banyak gosip dan
cerita angin beredar. Karena disini tempat ngumpulnya
ibu-ibu yang mencuci kain. Sambil mencuci biasanya cerita
ngalor ngidul tentang keduniaan yang tak kunjung habis ini.

Sehingga di Canduang ada peraturan tidak tertulis, dimana
"orang sapincuran indak buliah bapambayan (dimadu)". Karena
dulu, poligami adalah suatu trend dan kebanggaan, suatu
status sipil orang tertentu. Jadi untuk menghindari
pertempuran pambayan, maka diadakan aturan ini. Mungkin
karena telah terjadi lemparan sabun dan kain basah antara
dua istri dari tetua umpuak kali ya.

Wassalamualaikum WW
Darul