bang mantari sutan,

  bagaimana membuat anak panah yang tepat sasaran? apakah dengan membuat
busurnya??

  indikator keberhasilan, bukankah sudah nyata...
  yang kita perlukan cuma menatanya kembali...

  old value, with new wrapping...
  ---

  bang erwin klo boleh saya menanggapi,

  disitulah pertanyaannya, tidak bermaksud menganalisis yang dibelakang, tapi
berbicara yang didepan... masihkah seperti itu? patron-client? karena yang saya
lihat seperti anak kerbau yang kehilangan induknya, sayangnya kali ini tak ada
yang memasang pisau ditanduknya...

  kalau saya bilang, lepas semua batas administratif, berikan hak (suku) kepada
si anak hilang (rantau), tentang Minangkabau bukan Sumatera Barat... tentang
rakyat bukan negaranya... tentang manusia bukan sistemnya...

  ---

  bagaimana caranya, bukankah itu yang sedang kita diskusikan...

  wassalam,

  tan jabok