Waalaikumsalam w.w. Sanak St Sinaro dan Ananda Rahima,

Benar sekali, saya telah meminta kesediaan Ananda
Rahima membahas dua masalah penting dalam hukum adat
Minangkabau tersebut dari perspektif Islam. Tema yang
sama juga saya minta kepada Engku Bachtiar Abna SH MH,
dosen FH Unand, dari perspektif adat itu sendiri.
Beliau adalah dosen hukum adat dan hukum adat
Minangkabau.

Dari wacana dua orang intelektual dalam suasana ilmiah
kampus ini saya harapkan dapat diperoleh suatu rumusan
awal sebuah solusi yang dapat dikembangkan lebih
lanjut nanti. Sudah barang tentu, akan banyak peran
dari pemandu/ moderator, yang juga dari kalangan FH
Unand sendiri, dalam mendorong tercapainya solusi
tersebut. Untuk rumusannya sendiri, saya telah meminta
bantuan dua ilmuwan muda, Sdr Irwandi MA, antropolog
lulusan UI, dan Sdr B Steny, pegiat HAM dari HuMA.

Wassalam,
Saafroedin Bahar

Peranan saya sebagai komisioner Komnas HAM [sampai
Agustus 2007 ini] hanyalah sebagai fasilitator agar
masyarakat hukum adat Minangkabsu pada khususnya dan
suku bangsa Minangkabau pada umumnya -- yang tentunya
juga mencakup yang di rantau -- dapat membahas masalah
yang sudah berusia ratusan tahun ini dari perspektif
hak asasi manusia, dengan memperhitungkan masalah
tersebut dari kepentingan anak, kaum perempuan, serta
manusia lanjut usia, yang dilindungi oleh
undang-undang.

Kepada Ananda Rahima dan Engku Bachtiar Abna SH MA
terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih banyak.

Wassalam,
Saafroedin Bahar.